7 Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa, Cocok Buat Bisnis Pemula

Ide usaha yang cocok untuk mahasiswa salah satunya jasa desain atau fotografer

Usaha apa yang cocok untuk anak kuliahan? Kalimat yang sering dipertanyakan mahasiswa ketika tak ingin lagi membebani biaya kuliah atau uang saku kepada orang tua. Begitu pula denganku dulu, saat kuliah pertanyaan itu pernah menghuni pikiran, hingga akhirnya aku menemukan ide usaha untuk mahasiswa modal 1 juta.

Usaha yang kutekuni saat kuliah dulu berawal dari hobi yang selalu membuatku senang. Meskipun sempat ada pertentangan dari orang-orang terdekat, tapi setidaknya aku mampu bertahan, dan dapat menyelesaikan kuliah hingga akhir.

Saat ini, hobi yang kutekuni berubah menjadi profesi. Hobi itu ialah menulis dan membaca buku yang kini membuatku bisa bertahan hidup. Nah, buat kamu yang ingin punya usaha saat kuliah, harus tahu dulu langkah-langkahnya agar siap menghadapi hal-halyang akan terjadi saat usaha dimulai.

Berikut ini beberapa cara memulai usaha untuk mahasiswa modal 1 juta, yang pertama ditanamkan soal berbisnis pasti ada pasang surutnya, jadi nggak bisa langsung sukses dan laris. Namun yang terpenting adalah konsisten dan mau belajar hal baru, agar usaha tetap berkembang.

Cara Memulai Ide Usaha Modal 1 Juta untuk Pemula

Sebelum memulai melakukan usaha, sebaiknya kita harus memahami hobi atau hal yang paling disukai agar bisa ditekuni sehingga bakal menghasilkan. Salah satu cara memahaminya dengan mencari ide usaha modal 1 juta yang cocok untuk pemula dalam berbisnis. Berikut ini tips memulai usaha untuk mahasiswa yang ingin mencari uang saku tambahan:

  • Menentukan Ide Usaha

Dalam memulai usaha, penentuan ide jadi tahapan yang penting untuk mengawalinya. Tidak hanya menentukan produk baik barang atau jasa yang bakal ditawarkan, tetapi harus memahami konsep usaha yang sedang dijalankan.

Selain menentukan ide usaha, jangan lupa tuliskan tujuan, serta visi misi. Oh ya, alangkah lebih baik jika usaha yang akan kita lakukan merupakan hobi atau minat yang kita senangi, jadi ketika menjalankan usaha makin semangat dan terus termotivasi meskipun lelah.  

  • Riset target pasar

Setelah menentukan ide usaha, membuat konsep serta rencana usaha yang bakal dilakukan. Tahap selanjutnya adalah riset target pasar untuk melihat kondisi siapa saja yang bakal menjadi target konsumen usaha kita.

Riset pasar ini juga bisa melihat competitor di lapangan, jadi kita bisa meminimalisasi apapun yang sekiranya jadi kekurangan pesaing bisnis atau usaha.

  • Cari partner usaha yang solid

JIka kamu mahasiswa, jangan lupa cari partner atau teman untuk usaha yang kompak dan solid. SEtidaknya punya visi misi yang sama dalam berbisnis, jadi usaha yang akan dilakukan akan selalu berjalan lancar.

Punya partner usaha ini juga bisa membantu saat kita tiba-tiba ada tigas kuliah mendadak, jadi dengan adanya tim, punnya manajemes waktu yang baik.

  • Menggunakan Media Sosial

Media sosial jadi salah satu alat promosi yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan usaha yang kan kita lakukan. Sebelumnya, jangan lupa membuat branding agar lebih dikenal masyarakat, branding seperti nama, logo, atau tagline yang jadi ciri khas tersendiri agar lebih dikenal.

7 Ide Bisnis Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Setelah memahami bagaimana proses awal untuk memulai usaha, langkah selanjutnya mencari tahu apa yang sebenarnya kita minati untuk dijadikan ladang profesi. Selain memperhatikan minat, tak lupa juga soal modal yang dimiliki juga menjadi faktor usaha apa yang sebenarnya cocok untuk ditekuni.

  • Membuka usaha print

Usaha modal 1 juta yang cocok untuk mahasiswa seperti halnya membuka jasa print. Jika tak memiliki printer, kamu bisa membeli printer bekas yang kualitasnya masih bagus, sera menyiapkan kertas, tinta, serta peralatan yang dibutuhkan.

Mahasiswa seringkali dipenuhi tugas kuliah yang kadang menmpuk, jadi jika tak punya waktu untuk mencetak tugas, sediakan jasa print online. Usaha ini patut dicoba,karena mahasiswa seringkali dipenuhi tugas-tugas yang harus segera diselesaikan.

  • Jasa Penerjemah

JIka kamu mahasiswa jurusan bahasa asing, seperti bahasa inggris, bahasa arab, dan lain-lain, atau kebetulan punya inat dan senang melihat drama korea yang suka hapalin kosakata, kesempatan yang bagus buat buka usaha jasa penerjemah.

Namun kalau belum percaya diri dengan kemampuan bahasa, kamu bisa belajar dulu dengan mengikuti beberapa kursus bahasa untuk meningkatkan skill agar nantinya siap untuk membuka jasa. Lowongan penerjemah saat ini banyak dibutuhkan di platform freelance, jadi jangan sia-siakan kesempatan.

  • Membuka Usaha Preloved

Preloved adalah barang yang pernah dipakai sebelumnya, usaha ini sedang tren karena sebagian masyarkata terutama mahasiswa ingin punya barang kualitas bagus, tetapi dengan harga murah.

Kamu bisa melihat peluang usaha tersebut dengan menjualnya melalui sosial media, atau teman-teman kampus agar lebih banyak yang tahu usaha yang sedang kamu tekuni.

  • Membuka Usaha Bimbel

Peluang usaha bimbel ini sering dimanfaatkan oleh sebagian besar mahasiswa untuk mendapatkan uang, kamu juga bisa membuka usaha bimbel di rumah untuk mengajar anak SD, hingga SMA.

Oh ya, jika kamu punya skill tertentu seperti di bidang menyanyi, bermain gitar, berenang, basket, dan lain-lain, kamu bisa memanfaatkan kemampuan itu untuk membuka les atau kursus sendiri loh. Jika kamu belum percaya diri, bisa ikut kursus dulu kepada orang yang lebih ahli.

  • Jasa foto dan video

Punya minat terhadap fotografi? Kamu bisa manfaatkan minatmu ini untuk mencari uang saku tambahan. Jasa foto dan video ini cocok untuk usaha modal 1 juta untuk mahasiswa karena yang dibutuhkan hanya laptop dan kamera jika ada. Kalaupun tidak ada kamera, bisa pakai kamera hp yang nantinya bakal diedit di laptop.

  • Usaha Hampers dan Bucket

Jika kamu mahasiswa yang kreatif dan suka bikin kerajinan tangan, kamu bisa mulai membuka usaha hampers atau bucket. Biasanya tiap wisuda selalu ada mahasiswa yang ingin memberikan sesuatu kepada temannya seperti bucket, nah manfaatkan peluang ini untuk membuka usaha.

Jangan minder jika sudah banyak yang membuka bisnis ini, berikan sentuhan keunikan pada tiap karyamu, dan jangan lupa promosi di media sosial.

  • Jasa menulis atau desain

Jasa menulis atau desain kini jadi peluang usaha yang sering dicari oleh perusahaan, jadi kamu kalau punya minat menulis atau desain bisa manfaatkan peluang ini untuk usaha. Platform yang bisa digunakan untuk jasa ini ada fastwork, sribulancer, dan lain-lain.

Kesimpulan

Nah, sudah tahu cara dan beberapa ide usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil, saatnya bisa mulai praktek agar bisa dapat penghasilan tambahan untuk kuliah dan biayaa hidup. Jadi, kamu ingin coba ide usaha yang mana?

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *