Cara Memutar Uang Agar Beranak, Lakukan 5 Hal Ini Biar Makin Cuan!

“Ketika kita fokus soal pemasukan, maka kita jadi menikmati proses bagaimana memperoleh penghasilan agar sesuai target, ya. Beda kalau fokusnya uang, kadang justru bikin lelah karena secara tidak langsung mengejar gimana harus dapat uang tersebut. Ternyata beda kata aja bisa berpengaruh,” curhatku dengan Mas Suami beberapa waktu lalu saat kita saling diskusi bagaimana cara memutar uang agar beranak.

Beda kata soal ‘pemasukan’ dan fokus ‘uang’ ternyata secara tidak langsung mengubah mindseat dalam pikiran. Meskipun kalau ditafsirkan kurang lebih sama, tetapi ternyata saat fokus dengan kata ‘pemasukan’, aku jadi berproses bagaimana cara mendapatkan penghasilan agar memenuhi target dalam satu bulan. Demi sebuah tujuan yang telah disiapkan.

Beda lagi kalau fokusnya ‘uang’ seperti beberapa bulan lalu yang akhirnya membuatku lelah sendiri. Intinya tak ada tujuan lain selain mendapatkan uang dengan bekerja apapun yang menghasilkan uang, akhirnya tak peduli proses dan ketika sudah didapatkan justru cepat habisnya. Begitu saja, hingga suatu waktu mencapai titik rasa Lelah dan merasakan sepertinya ada yang salah.

Mengawali tahun 2024 ini, aku mulai belajar soal financial planning. Meskipun sebenarnya aku masih awam, tetapi aku ingin belajar untuk menata hidup dimulai dari segi keuangan, salah satunya tentang menulis sumber penghasilan darimana aja, pengeluaran berapa, tujuan jangka panjang keuangan hingga pada akhirnya mulai berpikir bagaimana cara memutar uang agar beranak lebih tepatnya agar penghasilan yang kita miliki terus berputar tak hanya habis untuk kehidupan sehari-hari.

Cara Memutar Uang agar Beranak, Kesehatan Keuangan Makin Terjaga

Cara memutar agar beranak sebenarnya punya tujuan jangka panjang yang membuat kesehatan keuangan makin terjaga. Selain itu dengan memutar uang agar jumlahya bertambah bakal ada kemungkinan mendapatkan keuntungan yang berlipat kali.

Sebaiknya jika memiliki penghasilan lebih, kita harus berpikir agar uang tak hanya disimpan saja yang nantinya justru bakalan bikin rugi karena nilainya akan tergerus inflasi. Selain itu jika penghasilan dibiarkan saja tanpa dikelola dengan baik, justru menimbulkan masalah-masalah baru, seperti halnya tak paham soal menyisihkan untuk dana darurat, sehingga suatu waktu jika ada kebutuhan mendadak hanya bisa mengandalkan orang lain karena uang yang dimiliki sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu kita harus tahu cara mengelola keuangan agar bertambah banyak sehingga target kesehatan keuangan tetap terjaga. Berikut ini beberapa cara memutar uang agar beranak yang telah dilansir dari berbagai sumber:

1.Memahami Peluang dan Resiko

Jika ingin penghasilan yang kita miliki bertambah, cobalah untuk melihat peluang yang ada di sekitar, pahami apa aja yang bisa dijadikan usaha untuk meningkatkan pemasukan. Misalkan tinggal di dekat area sekolah SD, jadi peluang yang dapat membuat uang beranak dan berkembang dengan jualan jajanan anak SD.

Selain memahami peluang, memprediksi tren yang bakalan booming bisa menjadi kesempatan untuk mengelola uang agar terus berkembang berkali lipat. Jangan lupa membuat rencana cadangan, karena jika mendapat resiko yang tak diinginkan dapat melakukan rencana lain yang sudah disiapkan.

2.Mencoba Bisnis Baru

Adakalanya bisnis mengikuti tren sesuai zaman, sehingga naik turun sebuah bisnis sudah menjadi hal umum. Misalkan beberapa waktu lalu, panas ekstren melanda, akibatnya banyak orang membutuhkan minuman dingin sebagai pelepas dahaga. Beberapa orang akhirnya membuka bisnis es teh murah meriah.

Lalu kini di bulan Januari tiba-tiba musim hujan datang, tentunya orang-orang akan lebih memilih sesuatu yang hangat untuk menemani menikmati hujan. Kita mungkin juga bisa membukan warung gorengan yang paling sering dicari orang-orang saat hujan. Atau bisnis lain seperti baju karena mendekati lebaran yang lebih aktif di toko online.

Membuka bisnis baru tak ada salahnya agar kita bisa mengalokasikan keuntungan antar bisnis satu uke bisnis lain. Sehingga saling melengkapi jika ada keuangan yang menurun bisa saling membantu, sehingga cara memutar uang agar beranak jadi dapat terrealisasi, kan.

3. Membangun kerjasama dengan partner yang tepat

Memilih partner yang memiliki satu visi juga menjadi faktor penting agar usaha yang dijalankan dapat  berkembang. Tak hanya membutuhkan skill berbisnis saja, tetapi memilih dan mencari orang yang tepat untuk diajak kerja sama menjadi faktor penentu dalam berbisnis.

Misalkan saja, ingin berbisnis reseller jadi kita harus mencari supplier yang tepat dan dapat dipercaya. Selain itu, memiliki rasa tanggung jawab baik dari distributor, investor, hingga partner kerjasama dapat mendatangkan keuntungan tersendiri untuk membuat uang yang dimiliki bertambah. 

4. Meningkatkan skill usaha

Ketika sudah mulai berbisnis, alangkah baiknya tetap belajar bagaimana sebuah usaha akan bertahan di era persaingan bisnis yang semakim ketat. Meskipun mungkin bisnis atau usahamu berkembang pesat, tetapi kebutuhan konsumen yang meningkat, harus diiringi dengan  perkembangan bisnis mengikuti zamannya. Misalnya era digital marketing, bisa ikut pelatihan tentang materi tersebut.

5.Mencatat biaya pemasukan dan pengeluaran

Setiap pemasukan dan pengeluaran sebaiknya dicatat rapi di sebuah buku kas yang fungsinya mengetahui jumlah total keuangan secara berkala. Hal ini sebagai cara agar kita dapat memilah pengeluaran yang menjadi prioritas atau hanya keinginan sesaat, sehingga tujuan utama untuk mengelola uang agar beranak dan berkembang bisa diwujudkan.

6.Memisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi

Terdapat beberapa manfaat yang bakal dirasakan ketika rekening usaha dan pribadi dipisah, hal ini diperlukan untuk mengatur pengelolaan keuangan usaha agar kesehatan finansial terjaga. Selain itu, dengan rekening terpisah, nantinya dapat memantau kondisi keuangan bisnis menjadi lebih mudah.

7.Jangan lupa investasi

Keuntungan yang dimiliki dari sebuah usaha dapat dialokasikan dengan investasi sebagai salah satu cara memutar uang agar beranak. Pemilihan investasi yang tepat dengan resiko mudah diterima menjadi salah satu cara untuk yang baru memulai investasi agar tidak rugi.

Lakukan 5 Hal ini untuk Memutar Uang agar Beranak

Cara memutar uang agar beranak salah satunya dapat dilakukan dengan membuat usaha sendiri yang bisa dikerjakan sambil melakukan pekerjaan utama. Berikut ini beberapa cara agar uang yang kita miliki dapat bertambah seiring dengan waktu target keuangan bisa terrealisasi.

1.Membuka Toko Online atau Menjadi Reseller

Membuka toko online jadi salah satu usaha yang memiliki modal dan resiko kecil. Apalagi sekarang ini banyak orang yang justru menyukai membeli sesuatu melalui online shop, meskipun hanya barang receh saja. Seperti halnya aku yang kadang memilih membeli sapu atau alat pel di online shop jadi tak perlu ribet membawanya dari toko.

Jika ingin lebih mendapatkan banyak keuntungan, coba buka beberapa toko online di platform yang berbeda untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya. Karena jangkauan konsumen toko online justru lebih luas dan mencangkup semua kalangan.

Selain itu kita juga bisa menjadi reseller produk tertentu, jadi tak perlu produksi, dan stok banyak produk. Jadi dengan hanya modal sedikit, karena penjual akan memberikan harga khusus serta rajin promosi di berbagai media sosial nantinya pemasukan akan datang sendiri.

2.Investasi emas

Investasi emas menjadi cara memutar uang agak berkembang lebih banyak, selain itu alasan harus investasi emas ketika sedang memiliki uang adalah nilai emas tak pernah turun. Jadi jangan khawatir akan rugi suatu hari nanti.

3.Membuka usaha makanan

Usaha yang bisa dilakukan untuk membuat uang bertambah dengan mencoba bisnis makanan atau minuman yang perputaran uangnya sangat cepat, sehingga hasilnya akan langsung terlihat. Pilih lokasi strategis serta target pasar yang sesuai, jangan lupa produk yang menarik agar dapat menjangkau banyak pembeli. Selain itu jika tak ingin resiko besar, bisa coba dengan system preorder, hanya melayani ketika sudah ada yang pesan jadi resiko bisa diminimalisasikan.

Cara Memutar Uang agar Beranak, Salah Satu Hal untuk Bijak Soal Finansial

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dilengkapi dengan cara memutar uang agar beranak dan berlipat ganda. Cara tersebut menjadi salah satu hal untuk bijak soal finansial agar penghasilan yang kita miliki tidak hanya habis dalam sekejap untuk kehidupan sehari-hari, tetapi bisa diatur dengan baik melalui usaha atau investasi. Jadi, sudahkah uang yang kamu miliki dikelola agar berkembang? Yuk berbagi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *