Cara Memulai Usaha Kue Basah Seribuan:
Ini Peluangnya di Media Sosial

Ini cara memulai usaha kue basah seribuan lengkap cara menjualnya lewat media sosial

Beberapa waktu lalu aku mengadakan acara reuni kecil-kecilan bersama keluarga di rumah. Saat itu kebetulan aku bingung nanti bakal disuguhi apa saja, lalu teringat ada seorang teman yang memiliki usaha kue basah seribuan. Langsung saja kuhubungi untuk memesan beberapa kue basah.

Sebenarnya aku bisa saja membeli di warung dekat rumah yang menjual kue basah juga, namun pilihannya tak banyak. Kalau temanku kebetulan ada berbagai kue basah yang dijual, apalagi bisa diantarkan sampai depan rumah, sungguh kemudahan bagi tim mager sepertiku.

Dulu aku juga pernah memesan aneka kue kepadanya, kebetulan saat itu ibu sedang ada acara yasinan. Aku pun membantu dengan membelikan kue basah. Sebenarnya awal punya langganan beli kue seribuan saat scroll Instagram, kali aja ada yang punya usaha kue basah dan cocok, eh  ternyata kini jadi langganan saat ada acara, nama usaha kue basahnya ‘Jajan Rama Sinta’.

Usaha kue basah seribuan ini menurutku sangat menguntungkan, apalagi jika kita bisa memanfaatkan media sosial dengan baik. Karena saat kulihat setiap hari ada saja pesanan yang diunggah di story pribadi, berati tandanya setiap hari ada pesanan.

 

Table of Contents

Cara Memulai Usaha Kue Basah Seribuan

Berikut ini jenis jajanan pasar yang menjanjikan untuk dijual sebagai usaha reseller kue basah

Terdapat berbagai jenis kue basah seribuan yang bisa dijual, namun sebelum memulai untuk berbisnis, sebaiknya kita perlu menganalisis cara membuka usaha kue basah seribuan. Apalagi kue basah atau jajanan pasar sudah memiliki minat dan pasar tersendiri, jadi kita harus memiliki strategi sebelum memulai usaha tersebut.

Membuat Rencana yang Matang dengan Riset Pasar

Membuat perencanaan yang matang menjadi tahap awal dalam memulai membuka usaha kue basah seribuan. Rencana yang baik dan terstruktur dapat membantu usaha yang kita lakukan akan dijalankan seperti apa. Tak lupa harus riset pasar dulu untuk mengetahui berbagai hal terkait usaha yang akan kita jalankan, seperti, kue basah apa yang sebenarnya disukai oleh target market kita, kendala apa yang biasanya dialami penjual dengan usaha yang sama, dan nantinya ingin berjualan sendiri dengan menerima pesanan atau dititipkan ke warung dan sekolah.

Perencanaan dan riset pasar yang matang membuat kita harus mengandalkan kemampuan Analisa yang kuat, sehingga dapat melihat kelemahan, peluang, kekuatan, serta ancaman yang barangkali bisa terjadi pada usaha yang dijalankan nantinya.

Menyiapkan Modal

Tak hanya modal uang, ada beberapa persiapan sebelum membuka usaha kue seribuan. Sepertinya halnya modal untuk terus belajar meningkatkan kemampuan dalam membuat kue yang lezat. Tak hanya pada proses pembuatan kue, tetapi juga feeling dan insting saat pemilihan bahan berkualitas untuk kue juga diperlukan ketrampilan yang baik juga.

Menentukan Jenis Kue dan Mengemasnya Secara Menarik

Jika sebelumnya sudah riset pasar tentang kue yang laku di pasaran, tahap selanjutnya adalah menentukan jenis kue yang akan dijual, Hal ini harus dipertimbangkan juga soal kue yang nantinya dijadikan produk unggulan dari usaha kita, dan bisa menjadi karakter produk yang bakal dikenal oleh konsumen. Serta kue basah yang hanya menjadi pelengkap.

Setelah menentukan jenis kue seribuan yang akan dijual, selanjutnya jangan lupa dikemas lebih menarik dan terus berkreasi serta berinovasi soal citarasa agar konsumen tetap memilih produk kita.

Menjual melalui Media Sosial

Setelah riset pasar serta menentukan kue seribuan yang akan dijual, tahap selanjutnya memikirkan cara menjualnya. Ada berbagai opsi yang bisa dilakukan, mulai dari menitipkan di outlet jajanan basah atau menjualnya langsung kepada konsumen. Jika jumlah produksinya sedikit, lebih baik untuk menitipkan ke tempat penjual kue basah. Tentu sebelumnya harus membangun kerjasama penjualan yang baik, ya.

Kalau ingin menjual langsung kepada konsumen, memanfaatkan media sosial jadi cara yang paling mudah agar kue lekas dikenal oleh konsumen.

Menjual Kue Seribuan dengan Memanfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial untuk usaha kue seribuan ini caranya

Promosi menjadi bagian penting dalam sebuah usaha agar produk yang kita jual dikenal dan laku di pasaran. Salah satunya promosi dengan memanfaatkan media sosial saat ini menjadi pilihan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Beberapa cara untuk memulai usaha kue seribuan dengan menjual melalui media sosial diantaranya:

Menentukan Media Sosial yang Akan Dijadikan Tempat Promosi

 

Pemilihan media sosial yang tepat ternyata berpengaruh terharap usaha yang nantinya kita jalankan. Misalkan jika kita nantinya ingin konten yang dibuat berupa video pendek, dan foto menarik, mungkin pilihan media sosialnya adalah Instagram dan TikTok. Kalau ingin promosi serta edukasi soal kue bisa ke YouTube.

Membuat Akun Khusus

Jika sudah menentukan media sosial yang jadi tempat promosi, selanjutnya membuat akun khusus sesuai brand yang bisa dikenal oleh konsumen. Akun ini harus memperlihatkan produk, variasi rasa dan bentuk, serta pengenalan kue yang kita jual.

Konsisten Membuat Konten

Membuat konten yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jangan lupa untuk menetapkan waktu membuat konten secara konsisten ya, karena bisa membuat algoritma media sosialmu ikutan naik dan dikenal konsumen.

Melakukan Promo di Waktu Tertentu

Jika ada momen tertentu, boleh juga untuk membuat promo kue serian. Misalkan beli 1 gratis 1 , atau pilihan gratis ongkir, hingga paket murah kue. Promo ini biasanya menjadi kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru yang akan mencoba aneka kue kita yang dijual secara online, barangkali bisa menjadi pelanggan baru, kan.

Manfaatkan Iklan di Media Sosial Serta Kolaborasi dengan Influencer

Tahap akhir adalah memanfaatkan fitur iklan di media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen di sekitar. Selain itu kolaborasi dengan influencer atau selebgram jadi cara yang ampuh untuk membuat kue yang kita buat dikenal oleh banyak konsumen.

Atau jika kamu tak ingin ribet dengan membuat konten, tapi ingin tetap memanfaatkan media sosial untuk berjualan kue, bisa memanfaatkan jasa digital marketing yang akan memabntu mengurus media sosial agar lebih dikenal. Salah satu yang pernah membantuku usaha bunga dulu adalah Ideas Sign. Bisa kepoin di webnya, ya.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca berbagai cara untuk memulai usaha kue basah seribuan, sudah siap untuk berjualan, kan.  Tentunya awalnya memang tak mudah, tapi semua itu proses agar usahamu bisa dikenal konsumen. Jadi, Semangat aja terus belajar dan tingkatkan skill nggak hanya di bidang kue tetapi juga soal pemasaran. ***