Produk Ramah Lingkungan Apa Maksudnya? Ini Cirinya

Pengertian produk ramah lingkungan, manfaat dan ciri-cirinya

Kantong belanja menjadi salah satu barang wajib yang selalu jadi andalan saat pergi kemanapun. Meskipun masih belum banyak yang kumiliki, tapi setidaknya aku sudah memulai membiasakan memakai produk tersebut. Oh ya, apa sih arti produk ramah lingkungan dan apa saja ciri-cirinya?

Sebelumnya aku sudah membahas tentang contoh produk ramah lingkungan, mulai dari peralatan mandi, hingga peralatan makan. Produk yang eco friendly ini pernah menjad tren kekinian karena isu lingkungan perubahan iklim beberapa waktu silam.

Bagiku kantong belanja yang kumiliki berguna banget untuk mengurangi sampah kresek yang rasanya bikin sesak aja kalau tersebar dimanapun di rumah. Tak hanya itu saja, ada botol minum dan tumbler yang harus punya, serta kantong jajan yang baru beli beberapa waktu lalu.

Oh ya, produk ramah lingkungan sebenarnya nggak cuma sekadar mengandung bahan alami saja, tapi ada beberapa ciri yang bisa disebut produk tersebut lebih menjaga lingkungan baik dari segi produksi maupun fungsi. Dan berikut ini arti dan ciri produk ramah lingkungan yang harus kamu ketahui.

Table of Contents

Arti Produk Ramah Lingkungan

Sudahkah kamu memiiki produk ramah lingkungan di rumah? Oh ya, ternyata penting banget punya produk yang eco friendly ini, selain bisa mengurangi jumlah sampah di sekitar kita, tetapi juga bisa menjaga kelestarian alam dan menjaga kesehatan kita dari sampah berserakan yang bisa menimbulkan penyakit.

Saat ini sudah banyak orang yang mulai peduli tentang isu lingkungan, terutama anak-anak muda. Meskipun jumlahnya masih belum sebanding dengan masyarakat yang tidak peduli, tapi sudah ada kesadaran terkait pentingnya produk yang ramah lingkungan saja sedikit bisa mengurangi efek perubahan iklim dan pemanasan globat seperti saat ini.  

Lalu, apa sih sebenarnya arti produk ramah lingkungan? Produk yang bisa disebut green product, atau eco friendly ini merupakan produk yang tidak membahayakan bagi lingkungan saat pemilihan bahan yang digunakan, proses produksi maupun ketika sudah berada di tangan konsumen.

Biasanya produk yang lebih ramah lingkunga ini terbuat dari bahan daur ulang, bahan organic, mudah terurai, hingga berasal dari sumber daya terbarukan. Hal paling utama dari produk eco friendly adalah dibuat agar bisa digunakan kembali, sesuai konsep 4R yaitu recycle atau mendaur ulang.

Selain itu, produk eco friendly dalam proses produksinya tidak menghasilkan karbon emisi dalam jumlah banyak. Jadi dalam jangka panjangnya tidak menjadi penyebab kerusakan alam dan lingkungan sekitar.  

Ciri Produk Ramah Lingkungan

Ciri produk ramah lingkungan

Meskipun masih belum sepenuhnya memiliki produk ramah lingkungan, tapi aku mulai belajar membiasakan memiliki dan menggunakanannya di rumah. Oh ya, sebeum memutuskan membeli produk yang lebih ramah untuk lingkungan, harus dikenali juga beberapa ciri-cirinya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ciri produk ramah lingkungan:

Kemasan atau Produknya Dapat Didaur Ulang Kembali

Kemasan yang ramah lingkungan merupakan kemasan yang bisa terurai di tanah, bisa didaur ulang dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Kemasan atau produk yang eco friendly jadi salah satu ciri untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

Proses Produksi dan Distribusi Menggunakan Energi dan Jejak Karbon Rendah

Setiap proses produksi atau distribusi setiap produk juga harus dipertimbangkan soal penggunaan emisi gas karbon yang rendah agar tidak menimbulkan jejak karbon yang bisa meningkatkan suhu atmosfer bumi.

Tidak Memakai Bahan Berbahaya Bagi Lingkungan

Pemakaian bahan berbahaya harus jadi pertimbangan dalam pemilihan produk ramah lingkungan, entah soal zat kimia yang digunakan atau kandungannya yang menimbulkan penyakit di daam tubuh.

Memanfaatkan Bahan Kemasan Ramah Lingkungan dari Hasil Daur Ulang

Pemanfaatan kemasan dari daur ulang dapat mengurangi jumlah sampah yang bertumpuk, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga.

Pentingnya Produk Ramah Lingkungan

Apa itu produk ramah lingkungan? ini arti dan ciri-cirinya

Pentingnya menggunakan produk ramah lingkungan karena memiliki banyak manfaat dan dampak positif terhadap lingkungan, kesehatan, serta keberlanjutan secara keseluruhan. Manfaatnya diantaranya dapat membantu mengurangi jumlah limbah yang mencemari lingkungan.

Selain itu, tiap produk yang memperhatikan jumlah emisi karbon dalam proses produksinya dapat mengurangi dampak perubahan iklim dan pemanasan global, sehingga membuat kita pelan-pelan mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan energy fosil.

Pentingnya penggunaan produk eco friendly juga membuat kita bisa lebih menjaga kesehatan karena mempertimbangkan soal kandungan dan bahan yang aman serta tidak berbahaya bagi kesehatan. Dan manfaat paling utama yang saat ini kurasakan setelah memakai produk ramah lingkungan adalah lebih hemat karena produk bisa dipakai berulang kali.

Serta memberikan kepuasan karena sudah ikut serta dan berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Syukur-syukur kalau ada orang lain yang ikut tergerak karena gaya hidup berkelanjutan yang sedang kita usahakan, kan.  Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa menjaga lingkungan?

Kesimpulan

Nah, sudah tahu kan manfaat dan pentingnya menggunakan produk ramah lingkungan? Nggak cuma baik untuk lingkungan, tapi juga kesehatan dan keuangan tentunya karena memakainya yang bisa digunakan berulangkali bikin kita lebih hemat. Oh ya, salah satunya produk yang eco friendly adalah soal kemasannya yang mudah terurai. Yuk baca artikelku selanjutnya soal ‘Kemasan Ramah Lingkungan‘. ***

29 Comments

  1. Udah lama resah dan gelisah dengan masalah lingkungan ini. Sering kali jalan kaki dari rumah ke jalan raya (sekitar 50o meter pp) atau ke coffee shop (2,5 km pp). Sampai rumah lagi tote bag yang kubawa udah berisi 4-5 botol bekas air mineral hasil mungut di sepanjang rute jalan kakiku.

    Artinya? Yaaa, banyak yang belum sadar buat bawa botol minuman sendiri agar tidak mengotori lingkungan. itu baru botol minuman.

  2. Semakin mudah ya sekarang dapetin produk ramah lingkungan. Soalnya udah banyak perusahaan yang aware sama isu lingkungan, udah gitu lebih dikuatkan lagi sama kebijakan dunia.

  3. belum berhasil melakukannya mbak. Sudah coba beli tumbler, sedotan, kantong belanja. tapi selalu merasa kerepotan saat bawa. jadi ditinggal di rumah.

    yang berhasil, baru pembalut pakai ulang.

  4. Saya juga sudah mulai pelan-pelan beralih ke produk-produk yang ramah lingkungan. Sebagai perempuan, sesimpel mengganti kapas kecantikan dan pembalut pabrikan ke produk ramah lingkungan, itu buat saya memberikan kelegaan tersendiri.

  5. Saya memiliki beberapa produk ramah lingkungan, tapi yang baru -lumayan- konsisten digunakan adalah tumblr.

  6. Alhamdulillah sekarang banyak produk ramah lingkungan. Termasuk tas belanja yang bisa didaur ulang. Pas beli baju juga ditawarkan beli kantong kertas. Tapi memang perlu peran serta kita. Kalau saya selalu membawa botol minum kalau ke mana-mana.

  7. Banyak sekali manfaat menggunakan produk ramah lingkungan ini. Contoh sederhana yang bisa dilakukan seperti membawa tas belanja ketika ke pasar sehingga dapat mengurangi jumlah kantong plastik saat membeli sayuran. tas belanja ramah lingkungan juga bisa digunakan berulang sehingga awet dan jelas akan menghemat keuangan kita, ya

  8. Baru bisa ikut serta dengan membeli tumblr dan sedotan stainless aja. Lainnya belum, pengen banget ikut mengganti barang-barang dengan produk yang ramah lingkungan. Ngeri banget kalo ke pantai suka banyak sampah yang sulit terurai. Next deh kalo belanja cari yang eco friendly.

  9. selain punya botol minum sendiri, minimalisir penggunaan plastik alhamdulillah terbiasa daku lakukan, sebagai kontribusi mengurangi jejak karbon

  10. Selama ini baru pakai kantong belanja kertas / yg terbuat dari singkong (dan diklaim bisa terurai dalam tanah). Di Malang ada sih produsen kosmetik ramah lingkungan dan semua produknya emang gak dibungkus plastik, dan bahan baku juga ditanam langsung oleh ownernya.

  11. sejak pemerintah mencanangkan program ramah lingkungan, sekarang plastik banyak dikurangi ya. Alhamdulillah
    secara plastik itu kan sumber pencemaran lingkungan terbesar

  12. Aku udah mulai membiasakan diri kalau belanja selalu bawa kantong belanja sendiri. Jadi, nggak perlu minta kantong plastik lagi yang malah bikin banyak sampah.

  13. Sekarang kalau kita lihat tuh sampah plastic dan limbahnya tuh makin menggunung. Jadi penting banget buat menggunakan produk ramah lingkungan yang manfaatnya keberlanjutannya akan kita rasakan di masa depan. Produk eco friendly ini sangat berkontribusi buat pelestarian lingkungan sih.

  14. Aku sudah mulai membiasakan belanja dengan kantong belanja mbaak. Sampai mas2 minimarket tuh hafal kalau aku belanja pasti nggak pakai kantong plastik dan bawa kantong belanja dari rumah, hehe.

  15. udah mulai sering lihat nih label – label produk ramah lingkungan di produk sehari – hari. Paling banyak ketemu yang ada label recyclenya. Biasanya lihat di plastik, botol minum sama botol kemasan. Label ini membantu memudahkan untuk bisa memilih produk yang ramah lingkunga

  16. Aku mulai belajar untuk inget kemana-mana bawa tas kain.
    Karena suka random jajan dan kalo lupa bawa tas suka ditagih 300rp buat plastik. Hihihi, awalnya dari dipaksa pelit dulu.
    Lama-lama jadi kebiasaan.

    Aku juga mulai memanfaatkan botol plastik bekas untuk wadah-wadahan.
    Tapi kadang juga aku cuci tus aku isi air mineral buat simpenan air dingin di kulkas.
    Tetep kudu jeli sama kode plastik itu sih yaa..

    • kalo di Bali sih udah ga ada tas plastik di mini atau supermarket. Adanya tas kain berbayar yg harganya mulai dari 12rb. Jadi mending selalu inget bawa tas kain sih ya, kak.

  17. baru tahu kalau logo ramah lingkungan banyak bentuknya. paling familiar sama logo recycle itu. suka liat di belakang botol plastik or kaca.

  18. Tambahan mba biasanya produsen produk ramah lingkungan juga memperhatikan kesejahteraan pekerjanya. Akunjuga sekarang perlahan beralih ke produk ramah lingkungan

  19. Salut banget buat pengusaha yang bikin produknya tuh eco friendly. Mereka ga cuman cari untung dgn mudah tapi bisa berkelanjutan demi masa depan lbh baik.

    Smg makin banyak pengusaha yang bikin produk eco friendly. Seiring kesadaran masyarakat terhadap pentingnya produk ramah lingkungan.

  20. Sudah waktunya memang perlahan-lahan beralih ke produk yang ramah lingkungan alias eco-friendly. Tanpa disadari juga, hal begini malah membangun kebiasaan baik dan menghemat pengeluaran juga nih, misalnya kebiasaan bawa tumbler saat keluar rumah. Biar nggak jajan minuman kemasan sekali pakai terus. Tapi kadang kalau habis di jalan nih yang tricky, soalnya belum mudah menemukan tempat isi ulang air minum. Ujungnya, bisa beli air minum kemasan lagi trus dituang ke tumbler deh.

  21. Saat ini memang banyak sekali produk eco friendly yang dijual di pasaran. Dan saya pun saat ini pelan-pelan sudah mulai beralih ke produk-produk yang ramah lingkungan.

  22. di tengah semakin kompleknya masalah lingkungan, memakai produk ramah lingkungan penting banget
    setidaknya dengan memakai produk tersebut berkontribusi menjaga alam lingkungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *