Bawa Kantong Belanja Sendiri, Langkah Kecil Berdampak Besar bagi Lingkungan

“Jangan lupa bawa kantong belanja sendiri!” kataku mengingatkan Mas suami yang bergegas akan pergi belanja peralatan mandi di supermarket. Mas membalasnya dengan senyum, lantas mencari kantong belanja berukuran besar di lemari.

Membawa kantong belanja sendiri sudah menjadi kebiasaan satu tahun ini yang membuatku jadi tak lagi dipusingkan dengan kresek berserakan di sembarang tempat di rumah. Mungkin kalau lagi banyak kresek, pasti ulah si suami yang memang sering lupa bawa kantong belanja.

Ternyata tindakan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai dengan selalu membawa kantong belanja sendiri jadi usaha sederhana yang berdampak besar buat lingkungan. Awalnya aku sempat ragu, apalagi tanggapan para pembeli lain saat aku membawa kantong belanja sendiri agak sinis, tapi untungnya penjualnya sangat welcome, bahkan katanya jadi bisa hemat kantong kresek.

Bawa kantong belanja sendiri memang tindakan kecil yang terlihat tak berdampak besar, namun jika dibahas ada beberapa alasan mengapa penggunaan plastik sekali pakai sangat berdampak buruk terhadap lingkungan. Tak hanya untuk merusak lalam, tetapi plastik sekali pakai yang dibiarkan bertumpuk dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Alasan Harus Bawa Kantong Belanja Sendiri

Terdapat beberapa alasan setiap pergi kemanapun harus membawa kantong belanja sendiri, meskipun terkadang bukan karena ingin belanja. Jadi kantong belanja selalu ada di ransel atau tas slempang. Berikut beberapa alasan harus membawa kantong belanja:

  • Mengurangi Sampah Plastik Sekali Pakai

Membawa kantong belanja sendiri dapat mengurangi ketergantungan terhadap kantong plastik sekali pakai yang sulit terurai. Bahkan butuh waktu bertahun-tahun agar bisa terurai di tanah, sehingga bisa mencemari tanah, air, bahkan dapat merusak ekosistem laut dan darat.

  • Mendukung Gaya Hidup Berkelanjutan.

Langkah kecil membawa kantong belanja sendiri menjadi salah satu gaya hidup berkelanjutan yang berarti hidup berkesadaran terhadap dampak konsumsi plastik terhdap lingkungan. Jadi kita bertanggung jawab apapun yang kita konsumsi, dan sebisa mungkin untuk menjaga lingkungan.

  • Dapat Menghemat Sumber Daya Alam

Mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai ternyata dapat membantu menghemat sumber daya alam, karena produksi plastik yang memerlukan bahan bakar fosil serta sumber daya alam lainnya. Demi menjaga keberlanjutan kehidupan, mulai aja dulu melakukan hal kecil yang berdampak terhadap lingkungan.

  • Bisa Menginspirasi Orang Lain

Awalnya mungkin terlihat aneh ketika membawa kantong belanja sendiri selalu dilihat orang lain, namun percaya saja jika dilakukan secara konsisten dan berkesadaran, kita dapat menjadi inspirasi langkah kecil mengurangi penggunaan plastik. Sehingga kebiasaan itu turut serta ditirukan oleh orang lain.

  • Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kebersihan lingkungan ternyata berpengaruh terhadap kesehatan mental. Coba bayangkan bagaimana jika rumahmu penuh dengan kantong plastik sekali pakai yang bertebaran di sembarang tempat? Kalau aku pasti akan mendadak sumpek, bahkan rasa sesak timbul di rongga dada. Jadi, aku memilih membawa kantong belanja sendiri saat pergi kemanapun agar rumah tetap bersih dari kantong plastik, dan tentunya mental aman terjaga.

Tips Agar Dapat Konsisten Membawa Kantong Belanja Sendiri

  • Menyimpan kantong belanja di tempat yang mudah diakses

Meletakkan kantong belanja di tempat yang mudah diakses, seperti di dalam tas untuk keluar, atau di jok motor.

  • Membeli kantong belanja yang mudah dilipat atau dibawa

Saat membeli kantong belanja, pilih yang mudah dilipat dan dibawa, sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku atau tas kecil. Terdapat banyak variasi kantong belanja, termasuk yang bisa dilipat kecil, sedang, atau besar, bisa gunakan sesuai kebutuhan.

  • Melibatkan keluarga dan orang terdekat

Jangan lupakan orang terdekat untuk ikut terlibat dalam membentuk kebiasaan membawa kantong belanja. Sehingga jika terkadang lupa dapat saling mengingatkan.

  • Menggunakan kantong belanja yang menarik

Gunakan kantong belanja yang memiliki desain, motif atau warna yang disukai dan menarik, sehingga kita tak bakal malu jika membawanya kemanapun. Atau bisa coba pilih yang mirip aksesori jadi tak terlihat sebenarnya itu kantong belanja.

  • Merencanakan belanja dengan tepat

Rencanakan belanja dengan tepat sehingga dapat memperkirakan berapa banyak kantong belanja yang bakal dibutuhkan. Dengan perencanaan tersebut dapat mengurangi kemungkinan lupa dan terpaksa pakai kantong plastik.

Bahaya Kantong Plastik Sekali Pakai, Motivasi Bawa Kantong Belanja Sendiri

Mulai membiasakan diri untuk membawa kantong belanja sendiri memang tidak mudah, namun jika dilakukan secara pelan-pelan, terlebih lagi dengan mengetahui bahayanya kantong plastik sekali pakai barangkali bisa memotivasi untuk mengurangi sampah plastik.

  • Mencemari lingkungan

Kantong plastik sekali pakai sulit terurai oleh lingkungan, sehingga dapat mencemari lingkungan di berbagai tempat. Apalagi sampah plastik yang dibuang sembarangan bakal berakhir di sungai, dan lautan yang dapat mengancam seluruh ekosistem lingkungan.

  • Mengancam satwa liar

Satwa liar dapat terdampak oleh kantong plastik yang dibuang sembarangan. Satwa tersebut seperti halnya burung laut, ikan, mamalia laut terjebak atau memakai kantong plastik yang dikiranya makanan. Hal itulah yang bisa menyebabkan cedera fisik, kelaparan, hingga kematian.

  • Mengancam kesehatan karena mikroplastik dan polutan kimia

Polutan kimia yang menjadi bahan pembuatan kantong plastik dapat mengancam kesehatan manusia karena saat kantong plastik terus menerus terpapar panas, atau cahaya, bahan kimia dapat merembes dan mencemari makanan atau minuman dari kantong plastik.

Selain itu, mikroplastik yang terdapat pada fraggmen terkecil kantong plastik jika masuk dalam rantai makanan melalui organisme laut kecil dapat menjadi resiko kesehatan tak hanya hewan tetapi berdampak pada manusia.

  • Membuat depresi

Tak hanya berdampak pada kesehatan fisik saja, tetapi banyaknya kantong sekali pakai dapat berdampak terhadap kesehatan mental sehingga bisa saja membuat depresi. Jadi, yuk mulai bersihkan.

Pentingnya Bawa Kantong Belanja Sendiri untuk Jaga LIngkungan dan Kesehatan Mental

Bawa kantong belanja sendiri sangatlah berdampak terhadap segala sektor kehidupan, tak hanya lingkungan, namun juga kesehatan mental. Apalagi dampak yang mengancam untuk keberlanjutan hidup semua makhluk harusnya dapat menyadari pentingnya tindakan kecil yang bisa berdampak besar. Yuk mulai aja pelan-pelan bawa kantong belanja sendiri, setidakaknya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan kesehatan agar generasi mendatang ikut merasakan dampak positif yang kita lakukan. ***

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *