Tips dan Cara Membuat Kompos Organik dengan EM4

Beberapa hari yang lalu aku pernah menulis soal membuat kompos yang sederhana, kali ini aku akan membahas tentang cara membuat kompos organik dengan EM4. Sebenarnya aku belum pernah memakai larutan EM4 untuk pembuatan kompos, namun aku memakai bioaktivator atau pengganti EM4 dengan yang ada di rumah.

Aku mulai belajar membuat kompos sebenarnya masih beberapa bulan lalu saat ada pelatihan kelas gratis yang kutahu dari Instagram. Awalnya memang takut gagal karena baru pertama kali, tapi ternyata ada yang bilang bahwa tak ada kata gagal dalam membuat kompos. Akhirnya, aku memberanikan diri untuk memulai mengompos dengan berbekal materi dari kelas.

Oh ya, kelas membuat kompos bulan lalu sebenarnya tidak pakai larutan EM4, tetapi bagi yang sudah terbiasa memakai larutan tersebut juga diperbolehkan. Saat itu bahan pengganti larutan EM4 adalah air cucian beras yang sudah dibiarkan selama 2 hari. Air cucian beras memiliki fungsi untuk mempercepat proses fermentasi dalam pembuatan kompos.

Larutan EM4 sering digunakan dalam pembuatan kompos karena dinilai prosesnya lebih cepat mengolah limbah dibandingkan bahan tradisional. Oleh karena itu berikut ini cara membuat kompos organik dengan EM4 yang bisa dilakukan di rumah.

Tips dan Cara Membuat Kompos Organik dengan EM4

Sebelum membuat kompos, siapkan peralatan dan bahan yang digunakan mulai dari sampah organik yang terdiri dari kulit buah, sayur, atau rumput. Lalu, siapkan juga sampah elemen cokelat yang kaya akan karbon seperti daun kering, serbuk gergaji, sekam padi, jerami, tanah, dan lain-lain.

Berikut ini cara membuat kompos organik dengan EM4 yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Siapkan wadah entah ember, bak, atau drum plastik besar yang telah diberikan lubang di bagian bawah. Lalu berikan ember di bagian bawah untuk menampung air lindi sebagai pupuk cair.
  2.  Setelah itu masukkan tanah dan sampah elemen cokelat, lalu tambahkan bagian atasnya dengan sampah organik atau sampah elemen hijau. Perbandingan sampah cokelat dan hijau 2:1.
  3. Selanjutnya tutup kembali sampah hijau dengan tanah atau daun kering. Ulangi hingga bahannya habis. Lalu tambahkan larutan EM4 dan molase dari air gula merah, air gula putih sebanyak 250 CC dengan perbandingan EM4: molase 1:1 untuk mempercepat proses pembuatan kompos.
  4. Sebelum ditutup, jangan lupa aduk dan simpan di tempat yang teduh. Aduk dua hingga 3 hari sekali agar proses penguraian bakteri lebih cepat.
  5. Tanda jika pupuk kompos sudah berhasil, jika pupuk berwarna hitam dan tidak berbau sampah.

Mengenal EM4 dalam Membuat Kompos

EM4
Sumber: Tokopedia Omahsprayer

Dalam pembuatan kompos ada larutan yang berguna untuk mempercepat proses pembusukan sampah organik, salah satunya EM4 atau Effective Microorganizme 4 yang merupakan bakteri ramah lingkungan karena bukan berasal dari zat kimia. Yuk sekilas kita cari tahu apa itu EM4.

Apa itu EM4?

EM4 merupakan singkatan dari Effective Mikroorganisme sebagai bahan bioaktivator atau larutan yang fungsinya mempercepat proses pembuatan pupuk organik atau pupuk kompos. Dilansir dari berbagai sumber, EM4 sendiri memiliki kandungan beberapa mikroorganisme yang menguntungkan dalam pembuatan kompos seperti bakteri fermentasi, ragi, jamur fermentasi, bakteri fotosintetik, dan lain-lain.

Peran EM4 dalam pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos sangatlah penting karena mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi unsur hara yang punya banyak nutrisi untuk tanaman. EM4 sendiri berbentuk cairan berwarna kuning kecoklatan yang beraroma segar.

EM4 Bisa Diganti dengan Apa?

Penggunaan EM4 dalam pembuatan kompos sebenarnya dapat diganti dengan bahan aktivator lain yang bisa didapatkan dari rumah tanpa harus membeli di toko pertanian. Kalau aku dulu saat membuat kompos organik tidak memakai activator EM4, tapi memakai air cucian beras yang sudah didiamkan selama dua hari.

Selain air cucian beras ternyata ada bahan pengganti EM4 dalam pembuatan kompos yang fungsinya sama untuk mengurai sampah organik menjadi bahan pupuk. Bahan pengganti tersebut diantaranya: pupuk kandang, bonggol pisang, tanah humus, dan lain-lain.

Harga dan Kegunaan EM4 untuk Kompos Apa saja?

Menurut beberapa toko online, ada berbagai variasi harga dari EM4 mulai dari 22 ribu, hingga 78 ribu tergantung dari seberapa banyak isi dan fungsinya. Oh ya, jika ingin membeli EM4 di toko online, jangan lupa sertakan kata kunci EM4 untuk kompos, ya. Karena ada beberapa jenis EM4 yang memiliki fungsi berbeda seperti  botol kuning untuk EM4 pertanian, EM4 botol cokelat untuk peternakan, EM4 botol merah muda untuk perikanan, hingaa EM4 botol putih untuk pengolahan limbah dan toilet.

Adapun fungsi dari EM4 sendiri dalam pembuatan kompos sangatlah bermanfaat seperti dilansir dari laman taniuntung.com bahwa EM4 dapat membantu menguraikan sampah organik seperti sisa makanan, daun kering  dengan proses cepat sehingga menghasilkan pupuk kompos yang kaya nutrisi. Menghilangkan bau tidak sedap saat proses pembuatan kompos yang berasal dari sampah organik.

Pembuatan Pupuk Kompos Jadi Cara Jaga Lingkungan

Ada berbagai cara untuk menjaga lingkungan, salah satunya membuat kompos dari sampah organik. Jika membuat kompos dirasa terlalu lama karena membutuhkan waktu 2 hingga 3 bulan, kita bisa memanfaatkan larutan EM4 yang dapat mempercepat proses penguraian sampah organik. Jika tidak ada EM4 bisa memanfaatkan bioaktivator lain, salah satunya air cucian beras.

Oh ya, tak hanya sampah organik saja yang bisa dijadikan pupuk kompos. Ada daun kering yang bisa jadi alternatif bahan komposter, jika kamu tertarik silahkan baca saja di sini Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering. Tenang saja, bahannya mudah ditemukan, kok. ***

38 Comments

  1. kalau kita bisa memanfaatkan sisa sampah menjadi kompos untung banget ya, selain bermanfaat untuk tanaman dan rumah kita terbebas dari sampah busuk

  2. wah enaknya bisa bikin kompos sendiri di rumah. Aku juga suka menanam di rumah, tapi terbatas lahan, ga ada tempat lagi.. kalau ounya tempat gini sih enak..

  3. aku juga sudah mulai mengompos sejak banyaknya sampah organik dari rumah tangga. apalagi tanamanku mulai banyak dan berdaun lebat. pas nebang pohon rasanya sayang banget kalau nggak bikin kompos. aku biasanya pakai bioaktivator alami dari air beras, belum nyoba yang dijual dipasaran. emang rada lama sih, untuk ember Kecil 3 minggu baru hancur semua. apa karena kurang komposter ya mbak?

  4. Air larutan beras ternyata bisa dibuat untuk mempercepat pembuatan kompos ya. Sedari dulu pengen buat, tapi ya itu gak tau mulai dari mana. Pengennya sih ikut pelatihan offline, biar tahu proses pembuatannya secara langsung

  5. Ternyata air cucian beras ini banyak manfaatnya ya, Mbak. termasuk bahan membuat pupuk organik yang sudha didiamkan 2 hari. Terus saya baru tahu soal EM4 ini. Ternyata juga banyak jenisnya. Jadi jangan salah beli. Ada untuk tanaman dan peternakan. Bahkan ada khsusu untuk peternakan ikan dan tambah.

  6. Wahh makasih banyak tipsnya Kak. Kebetulan di sekolah anakku juga jual cairan EM4 (sekolah alam). Ternyata banyak manfaatnya ya termasuk bikin pupuk kompos organik. Nanti tanamannya jadi organik dan lebih aman untuk dikonsumsi.

  7. Dulu sering sekali membuat puuk organic dengan menggunakan EM4. Setiap pekan akhirnya waktu itu mendampingi orang desa, puouknya setelah dipacking, kemudian dititipkan di nursery

  8. padahal skala rumah tangga bisa aja ya membuat pupuk kompos sendiri, dengan memanfaatkan limbah yang ada di sekitarnya. keren artikelnya. jadi tau apa itu EM4, apa aja fungsinya dan jenis-jenisnya. blog yang sangat keren.

  9. Wah aku tunggu postingan step by stepnya ya mbak.. karena penasaran banget apakah hal ini juga bisa diterapkan di rumah dengan space yang minim hehe

  10. Mengolah sampah organik di rumah mulai kami lakukan sih sejak 2 tahun terakhir. Beberapa kali gagal. Sekarang pakai ember bekas cat aja. Pakai larutan bio enzym untuk mempercepat proses. Coba aku pelajari deh, pakai EM4. Trims artikelnya…

  11. mudah banget ya membuat kompos organik dengan EM4. jadi sampah organik masih bisa diolah kembali untuk pupuk tanaman biar gak terbuang sia2

  12. Suami saya sudah berhasil membuat kompos organik dengan EM4 ini. Lumayan buat mengolah sampah organik dari dapur.

  13. baru engeh daku kalau pupuk kompos yang berhasil itu gak bau sampah.
    soalnya pernah lihat tetangga bikin, cuma kok masih bau gitu. berarti belum sukses ya

  14. Bermanfaat banget mbak tips membuat pupuk kompos organiknya. Aku sendiri suka banget menanam, tapi kadang bingung kalau mau beli pupuk. Solsusinya memang buat sendiri sih, dari bahan yang ada, dimanfaatkan lebih optimal.

  15. Jadi EM4 merupakan bioaktivator yang bantu mempercepat proses pembuatan pupuk organic atau kompos ya. Tapi bisa diganti pakai air leri ya? Sebenernya bikin komppos sendiri mudah sih tapi lama juga prosesnya, makanya dibantu pake EM4 yaa.

  16. Jadi, buat yang pengen mulai bikin pupuk organik tapi ga punya EM4, ternyata masih bisa pakai bahan yang mudah didapetin di sekitar rumah yaa.. Hemat dan ramah lingkungan banget! 🌱♻️

  17. saya sempat bertanya tanya ini kalau mau bikin pupuk kompos apa ya bakteri pengurainya. oh ternyata ada EM4 ya. tapi bisa juga pakai air cucian beras yang sudah didiamkan dua hari. boleh dicoba nih dirumah

  18. aku pengen banget bisa bikin kompos di rumah. tapi, agak susah (mager sih lebih tepatnya hehe). dan apalagi orang rumah juga kruang begtu aware sama hal ini. semoga bisa segera bikin kompos pake ini hihi

  19. Makanya saya sering lihat ada yang mengumpulkan air cucian beras sampe banyaaakk gitu deh. Ternyata untuk aktivator bikin kompos yaaa… Bisa berjejer2 sampai berbotol2 soalnya, kirain mau dibikin apa. Klo pake EM4 ini prosesnya jadi lebih cepet gitu ya.

  20. Pas banget aku lagi mau bikin pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4 ini. Soalnya sampah coklat di rumah tuh banyak banget, terutama dari daun2an.

    Plus banyak bgt limbah bekas makanan yg ga kemakan. Kalo ga dikasihkan ke ayam, ya lebaik utk pupuk kompos ini sih.

  21. Dengan membuat kompos EM4, kita dapat memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk alami yang bermanfaat untuk tanaman dan sekaligus membantu menjaga kelestarian lingkungan.
    Di era modern ini, sampah organik menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang kian memprihatinkan.

  22. Oalah pantesan. Pernah dulu coba bikin pupuk organic sendiri dari bahan sisa masak (buah dan sayuran, or sisa makanan gitu), tapi kok prosesnya lama banget. Ternyata perlu ada tambahan pelarutnya seperti EM4 ini ya biar cepet.

  23. Air lindi ini apa sich mbak, aku kemarin bikin cuma belum tau urutanya, wah jadinya bau pol ngeri, nggak tau itu pupuk cair masih bisa di manfaatin apa nggak

  24. aku mau coba bikin pupuk kompos di rumah tapi belum jadi2 juga eksekusi xD sampah sisa potongan sayur dan kulit buah tuh sayang deh rasanya dibuang gitu aja, lebih baik dimanfaatkan.

  25. Kelebihan EM4 salah satunya karena bisa bikin kompos atau POC jadi cepat. Buat yang gak betah nunggu bikin POC lama, pakai EM4 bisa jadi pilihan. Apalagi mudah kok didapatnya.

  26. Meskipun agak ribet, membuat kompos dari sampah organik sebenarnya adalah kegiatan mengasikkan. Apalagi yang punya lahan agak luas dan memiliki hobby bertanam. Yap, agar prosesnya gak lama, kita bisa tambahkan pelarutnya seperti EM4. Jadi bisa lebih cepat jadi.

  27. Sisa makanan ternyata bisa jadi pupuk organik yang bermanfaat. Selama ini aku buang aja tuh. Kalau berkebun pupuknya beli jadi. Hiks. Sayang banget ya

  28. Menarik Kak bisa bikin kompos organik sendiri saya jadi tertarik buat nyobain juga bikin kompos pakai EM4 ini. Dan ternyata bisa diganti pakai air cucian beras ya cairannya. Jujur aja aku berasa dapet ilmu baru dari sini. Kayak air ucian beras ternyata bisa untuk mempercepat proses fermentasi pembuatan kompos.

  29. Ternyata pembuatan Kompos Organik dengan EM4 ini terbilang hemat untuk bahan EM4-nya.
    Jadinya lumayan banyak dan bisa digunakan secara berkala sesuai dengan kebutuhan. Jadi penasaran dengan harga EM4 dan mulai mencoba membuat Kompos Organik agar sampah-sampah bisa dikelola secara mandiri.

  30. pelajaran jaman sekolah menggunakan pupuk kompos buat tanaman bisa dari daun daun kering yang berjatuhan atau sisa limbah keluarga. Ulasan Pembuatan kompos organik EM4 membuatku penasaran dengan harganya

  31. Dulu saya pernah tertarik mengenal lebih dalam tentang dunia pertanian, Mba. Namun karena geli sama hewan itu tuh, saya jadi urung kembali ke dunia tanaman. Ada cara atasi hal ini agar tetap bisa nanem-nanem nggak, ya, Mba? Jadi pengen bikin pupuk kompos juga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *