Kopi Yan, Rekomendasi Cafe Murah dan Minimalis di Blitar

Cafe yang Instagramable di Blitar salah satunya Kopi Yan

Jika sedang suntuk di rumah, aku biasanya ingin sejenak mencari ketenangan dengan keluar rumah. Salah satu tujuanku biasanya ke Kopi Yan, cafe murah di Blitar yang kebetulan juga dekat rumah. Kopi Yan merupakan kafe minimalis yang nggak terlalu luas, mirip seperti rumah biasa, tapi di sini berasa memberikan kenyamanan.

Sebenarnya aku pernah datang ke Kopi Yan saat Covid di tahun 2019. Saat itu memesan kopi, tapi tak terlalu panas, apalagi belum sempat dinikmati sudah diingatkan bahwa tutup kafe hanya sampai jam 8 malam, karena banyaknya patrol polisi. Ada kenangan kurang menyenangkan, jadinya buat balik lagi itu  malas sekali.

Namun, beberapa teman seringkali membuat postingan story sedang berada di Kopi Yan. Nggak Cuma satu atau dua orang, tapi beberapa orang. Saat kutanya kenapa sering berada di kafe itu, karena nyaman aja. Nggak cuma murah dibandingkan kafe pada umumnya, tapi rasanya juga enak. Bahkan teman meyakinkan kalau masa lalu biarlah berlalu, aku pun jadi tergoda untuk mencoba kembali.

Inilah cerita dan ulasan sekilas tentang Kopi Yan, cafe murah di Blitar yang cocok buat dijadikan tempat nongkrong dengan budget murah meriah. Apalagi soal rasa nggak perlu khawatir, enak dan bikin nagih.

 

Table of Contents

Lokasi Strategis, Tepi Jalan Pas

Berada di Jalan raya Sawahan Nomer 49 A, Sawahan Pojok Garum, lokasi Kopi Yan, Cafe ramah anak di Blitar termasuk strategis dan mudah ditemukan karena berada di tepi jalan raya menuju arah Kota Malang. Lokasinya berada di barat jalan dengan ciri bagian depan di cat warna putih.

Mungkin kalau dari kejauhan bakalan tak keliatan, karena mirip rumah biasa pada umumnya. Namun, ada tulisan aksara jawa dan nama di bagian atas yang bisa jadi penanda. Selain itu, di bagian selatan ada beberapa kursi permanen dan kursi kayu biasa yang berjajar rapi, serta area parkir yang secukupnya bisa jadi penanda dari kafe ini.

Sebenarnya jarak dari rumah ke Kopi Yan Blitar cukup dekat, hanya butuh waktu 10 menit saja  sudah sampai di depan kafe. Apalagi kalau lewat jalan tikus alias nrabas dari Gedog, melewati jembatan di bawah pohon bambu yang tanpa penerangan lampu, lebih cepat sampainya karena nggak perlu muter ke arah Pojok Garum, atau lewat jalur perbatasan Blitar kabupaten dan kota dulu.

Suasananya Nyaman, Minimalis yang Instagramable

Memasuki ruang utama, seperti berada di rumah minimalis yang dikonsep dengan tatanan apik dan rapi. Ada tiga bagian ruangan yang dapat dipilih oleh pengunjung, ruangan di bagian dalam dengan beberapa kursi klasik, serta sofa yang cocok untuk berkumpul bersama banyak orang.

Kalau hanya bertemu dua atau tiga orang, dapat memilih bagian ruang tengah. Mirip seperti lorong, tapi dikonsep sedemikian rupa dengan tatanan tanaman hijau yang menambah kesejukan. Apalagi beberapa lukisan yang digantung di dinding menambah kesan minimalis itu makin terasa nyaman.

Tak hanya itu saja, penataan kursi kayu dengan ornamen lampu bulat dan jendela kaca tembus pandang membuat kesan instagramable. Aku dulu memilih ruangan ini saat bertemu dengan teman, sempat nyaman karena saat itu cuman berempat aja, namun agak malam ada pengunjung lain merokok yang duduk di sudut ruangan. Jadi, buat kalian yang nggak ingin terganggu kesyahduan bertemu teman dari asap rokok, bisa pilih ruangan di dalam, ya.

Kalau untuk bagian outdoor yang berdekatan dengan area parkir, lumayan luas. Saat aku dulu datang, ada sekitar lima atau enam meja yang bisa dipilih untuk dijadikan tempat nongkrong bertemu teman. Pilihan kursinya ada yang permanen di bagian utara, dan juga kursi kayu. Tenang aja, di sini juga cukup estetik kok kalau dipoto, soalnya ada kaktus dan beberapa tanaman hijau lain yang bisa menambah kesejukan.

Buat kalian yang datang saat mepet waktu sholat, tenang aja, nih. Di Kopi Yan Blitar ada mushola dan kamar mandi yang berdekatan. Tak lupa kesan minimalis dengan cat putih, gantungan macramé, serta tanaman hijau menambah kenyamanan para pengunjungnya. Oh ya, kerennya juga nih di toiletnya tersedia pembalut buat cewek-cewek yang lupa bawa tapi tamunya keburu datang tiba-tiba.

Menu Murah Meriah, Soal Rasa Juara Meski Cemilan Sederhana

Kedai kopi ini buka setiap hari mulai pukul 11 pagi, hingga 11 malam dengan berbagai pilihan menu yang bisa dipesan. Tenang saja, disini ada makanan berat buat kalian yang nggak sempet makan di rumah. Apalagi cemilannya yang sederhana tapi bikin nagih.

Soal minuman, aku selalu memilih memesan matcha latte dingin. Rasanya nggak terlalu manis atau hambar. Kemarin pesan affogato, eh ternyata sudah dicampur es krim aja. Kata Mas, biasanya dipisah. Ah, tapi setelah kucicipin enak aja kok kalau dicampur, perpaduan manis dan pahitnya pas.

Kalau cemilan, aku lebih suka memesan dimsum ayamnya. Hanya sepuluh ribu bisa dapat lima dimsum ayam, kan murah, biasanya Cuma dapat tiga. Apalagi rasa ayamnya juga seimbang dengan tepung ditambah saosnya yang pedas banget.

Beberapa waktu lalu coba pesan makanan berat, pangsit ayam. Enak sih sebenarnya, cuman kuahnya terlalu asin bagiku yang nggak terlalu suka asin. Kalau saja rasanya pas, pasti kuahnya sudah kuhabiskan sekalian. Pesan nasi ayam lengkuas juga, rasanya seperti pada umumnya yang dijual di warung. Cuman bumbunya dari lengkuasnya lebih soft.

Kesimpulan

Tak Cuma memberikan kesan estetik dan instagramble aja, tapi setiap pemilik kafe seharusnya juga menyadari pentingnya kenyamanan buat pengunjungnya. Dan Kopi Yan salah satu cafe di Blitar yang memperhatikan yang datang, tak hanya nyaman di setiap rasa kopi dan makanan, tetapi juga urusan perempuan juga tak luput dari perhatian. :-D. Nah, minggu depan bakal kutulis cafe yang bisa beli gelato 12 ribuan aja. Tungguin, ya. ***

24 Comments

  1. wah asyik banget ini, bisa ngopi sambil ajak bayi, mana harganya murmer banget, uhuy, jadi pengen. itu menunya lengkap dan beragam juga

  2. kok samaan sih kita kesukaannya
    saya juga suka matca, greentea biasanya sih
    kalau camilan saya juga suka dimsum. gak masalah sih rasanya, biasanya kalau gak ayam ya seafood.
    ah semoga ada kesempatan main ke Blitar nih

  3. Tempat asyik dan nyaman ya, Mbak. Persis suasana rumahan dengan nuansa agak tempo dulu. Terus lihat daftar menu dan harganya, ini memang pas di hati dan kantong. Antara 8-15 ribu. Dengan uang 50 ribu, sudah bisa menikmati beragam menu. Cocok buat nongkrong bersama teman-teman.

  4. Kopi Yan hadir sebagai oase bagi mereka yang ingin menikmati kopi berkualitas dengan harga terjangkau dalam suasana minimalis yang nyaman.
    Kopi Yan menawarkan berbagai pilihan kopi, mulai dari kopi robusta klasik hingga arabika dengan single origin pilihan. Menu andalan mereka adalah Kopi Yan, perpaduan unik antara kopi robusta dan arabika yang menghasilkan rasa yang kaya dan seimbang.

  5. Tempat yang nyaman dan menu yang murah, enak pasti akan dikunjungi lagi. Kenyamanan memang nomor satu ya, selain menunya juga harus enak.

  6. Ternyata lumayan murah ya kak harga Kopi di Cafe Yan ini. akutuh kalau ketemu cafe bagus, biasanya ngelihat harganya Rp 25.000-an ke atas. Tapi ini ada yg dibawah 20.000. Kalau jadi tempat nongki, enak sepertinya

  7. Wow.. harganya sangat terjangkau! Tempatnya adem kayaknya ya.. Yang penting juga adalah ramah anak. Dan itu lhooo, kursi meja jadulnya bikin kangen masa kecil 😀

  8. wah matcha latte nya menggiurkan banget, jadi pengen. seger banget ya keliatannya. menu menu lainya juga sepertinya enak. Suka sama desain interiornya, simple tapi menarik.

  9. udah tempatnya nyaman, ada spot instagramable dan kulinerannya enak bersahabat pula harganya, wwaah komplit jadi pilihan

  10. menu yg dijual harganya lebih murah dari yg di palembang. klo di sini kopi2an udah 30ribuan.

  11. Aaah, kalo ke Blitar insya Allah aku mampir ke sini. Kalau ke luar kota, aku memang berusaha mampir ke setidaknya satu coffee shop di kota yang kudatangi. Seneng aja.

  12. Lihat price list-nya memang murah-murah, ya, harganya. Pasti bikin aman kantong lah, ya.
    Dan walaupun bangunannya nampak sederhana, tapi kesannya bikin nyaman. Mudah-mudahan kalau jalan-jalan ke Blitar bisa singgah di Kopi Yan

  13. Udah tempat ngopinya enak, harganya murah meriah lagi. Kalo kyk gini, enakan kerja di kafe tuh. Udh perut kenyang, kerjaan pun kelar.

    Ah ntar sebelum ke pengajian Gus Iqdam, mampir ah ke Kopi Yan ini. Lagian ga jauh dari rumahku di Kediri.

  14. Waaah murah bangeeet euy >.< kayaknya bakal rajin ngafee kaloo harganya kek gini hihi, dah gitu makanannya jg kayaknya enak yaa kak.

  15. Dari fotonya terlihat seperti rumah gitu ya. Jadi kalau ngopi di sana berasa kayak ngopi di ruang tamu dan menyambut teman yang lagi main ke rumah aja gitu ya. Asyik banget.

  16. Kalau ada cafe yang nyaman gini, plus harga menunya murah meriah, dan rasa enak. Sudah pasti sering datang ke sini nih. Cocok juga untuk menggali ide nulis di sini.

  17. Rekomendasi cafe murah dan minimalis di Blitar Kopi Yan asik banget buat tempat santai. apalagi menunya murah meriah. Salfok sama dimsumnya sih, 5 pcs cuma 10rb aja, pengen icip² jadinya, xixixi..

  18. wooow, harganya sangat affordable bangat ya mbaaa. kalo ada di Bandung saya pasti udah nongkrong disini dengan rajinya, hahahaha. saya penyuka kopi dan ngemil, kalo kerja disini juga keknya asyik nih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *