Rekomendasi Wisata Blitar Dekat Stasiun Terbaru 2024, Bisa Jalan Kaki!

Blitar tak hanya dikenal sebagai tempat bersemayamnya presiden pertama RI yaitu makam Bung Karno saja. Tetapi ada berbagai pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi secara gratis maupun berbayar. Wisata Blitar dekat stasiun ini dapat ditempuh dengan jalan kaki atau memilih ojek online yang kini sudah banyak tersebar di kota Blitar. Jarak tempuh antar wisata sebenarnya tak terlalu jauh, namun jika ingin menikmati suasana kota terkecil ke dua di Jawa Timur, bisa kok naik bajaj, sejenis angkutan wisata yang biasanya sudah mangkal di depan pintu keluar stasiun.

Tempat wisata ini memiliki berbagai keunikan tersendiri, mulai dari menghadirkan kuliner khas Blitar, hingga sebuah taman hijau yang cocok untuk ngadem dan rehat sejenak. Inilah tujuh rekomendasi wisata Blitar dekat stasiun yang bisa kamu coba.

Tujuh Rekomendasi Wisata Blitar Dekat Stasiun Terbaru 2024, Bisa Jalan Kaki atau Naik Ojek Online

Beberapa tempat wisata Blitar dekat stasiun ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek online. Ada berbagai pilihan wisata, mulai dari sejarah, ingin bersantai di bawah pohon, ataupun wisata religi yang terbaru ada Masjid Ar Rahman.

Alun-alun Blitar

Wisata yang dekat dengan stasiun Blitar yang pertama adalah alun-alun yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jarak tempuhnya hanya sekitar 450 meter saja dari stasiun, tinggal berjalan ke arah timur lalu ke utara. Ada berbagai kuliner khas Blitar yang bisa kamu coba, seperti es pleret yang cocok dinikmati sambil duduk di bawah pohon beringin.

Selain itu, jika ingin istirahat sambil sholat, di bagian barat alun-alun Blitar juga terdapat masjid agung. Masjid yang dibangun sejak tahun 1820 ini juga menjadi bangunan bersejarah sebagai saksi syiar islam di wilayah Blitar. Tempatnya nyaman, dan luas.

Taman Pecut
sumber: instagram @shareblitar

Taman pecut juga salah satu rekomendasi wisata Blitar yang merupakan bagian dari ruang terbuka hijau (RTH) atau taman yang berlokasi di selatan alun-alun Blitar. Kalau dari arah Stasiun Blitar, dapat ditempuh dengan jalan kaki, jadi bisa sekalian berkeliling di pusat kotanya Blitar.

Taman pecut sayangnya kurang cocok kalau dikunjungi saat siang hari, karena tak ada pohon rindang, hanya sebuah taman. Recommended kalau berkunjung saat malam minggu, karena bakal ada atraksi air mancur bergoyang yang mengikuti irama alunan musik dengan lampu warna-warni.

Kenapa disebut taman pecut? Karena ada sebuah patung tangan yang membawa pecut Sakti Samandima. Pecut dijadikan ikon karena merupakan salah satu pusakan Bupati Blitar ke-3 yaitu Kanjeng Pangeran Sosrohadinegoro. Konon katanya saat pecut tersebut dilecutkan, suaranya menggelegar hingga aliran lahar kelud yang saat itu menuju pendopo mendadak menyibak terbelah menjadi dua.

Waterpark Sumberudel

Jika ingin bermain air, waterpark sumberudel jadi wisata yang cocok karena dekat dengan stasiun Blitar sekitar 2 km. Wisata ini dapat ditempuh dengan ojek online yang sudah banyak menyebar di Blitar.

Waterpark Sumberudel sendiri buka sekitar pukul 06.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuknya sekitar Rp20.000. Wisata ini berada di Jalan Kalibrantas No.31, Bendo, Kepanjenkidul Kota Blitar.

Ada berbagai wahana air yang bisa kamu coba, mulai dari kolak anak dengan wahana ember tumpah, wahana air mancur jamur, dan air mancur ikan, perosotan kepala binatang hingga perosotan panjang berkelok-kelok. Ada juga kolam arus, kolam dewasa, kolam standart olimpiade, hingga buat yang tak ingin main air bisa coba flying fox. 

Masjid Ar Rahman

Buat yang ingin wisata religi, Masjid Ar Rahman jadi rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk beribadah sambil menikmati suasana seperti Masjid Nabawi Madinah. Masjid ini berada di Jalan Ciliwung, Bendo, Kepanjenkidul yang berdekatan dengan Stasion Supriyadi. Jika dari arah stasiun Blitar, dapat memakai ojek online karena lokasinya lumayan jauh sekitar 2 km.

Masjid Ar Rahman ini merupakan tempat wisata religi yang tergolong masih baru yang buka 24 jam.  Serambi masjid jadi salah satu spot foto yang menarik pengunjung karena terdapat empat payung besar seperti halnya di Masjid Nabawi, ditambah penataan lampunya makin menambah kesan instagramable.

Perpus dan Makam Bung Karno

Wisata Blitar dekat stasiun selanjutnya adalah Makam Bung Karno yang sering menjadi destinasi utama pengunjung. Jaraknya lumayan jauh dari stasiun Blitar, sekitar 3 km yang bisa ditempuh dengan ojek online.

Tak hanya dapat berziarah saja, di makam Bung Karno juga ada berbagai pilihan tempat untuk berwisata seperti mengenal Bung Karno dengan datang ke museumnya yang banyak terdapat foto serta barang peninggalan Presiden pertama Indonesia. Atau ingin istirahat sebentar sambil baca buku, bisa datang ke perpustakaan mulai dari koleksi umum, anak remaja, hingga koleksi khusus.

Kebun Rojo

Kebon rojo jadi salah satu taman kota atau ruang terbuka hijau (RTH) yang paling besar di Kota Blitar. Jarak tempuh dari Stasiun Blitar lumayan jauh, jadi bisa ditempuh dengan ojek online atau bajaj wisata yang biasanya mangkal di pintu luar stasiun. Taman kebonrojo berada di Jalan Diponegoro No.12 Bendogerit Sansnwetan yang buka setiap pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Di taman kebunrojo tak aada tiket masuk, namun biasanya hanya ada biaya parkir. Tak hanya pepohonan rindang yang cocok buat ngadem sejenak, tetapi kamu juga dapat melihat beberapa hewan yang berada di taman ini, seperti merak, kera, rusa, dan lain-lain.  

Tak perlu khawatir soal kuliner, karena disini banyak orang jualan berbagai macam jajanan termasuk kuliner khas blitar. Selain itu, ada fasilitas taman baca juga, area bermain anak, patung hewan, dan beberapa tanaman langka juga ditemukan di kebonrojo.

Istana Gebang

Kalau ke Blitar tak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke rumah keluarga Bung Karno yaitu Istana Gebang. Ada berbagai macam peninggalan Bung Karno di rumah ini yang berada di Jalan Sultan Agung No.95 Sananwetan Kota Blitar. Tenang saja, tak aada biaya masuk saat berkunjung, hanya mengisi buku tamu saja.

Istana Gebang jadi salah satu wisata Blitar yang dekat stasiun karena hanya berjarak sekitar 2 km saja. Terdapat beberapa bangunan di istana ini, mulai dari 1 bangunan induk, delapan bangunan lain yang berada di sekelilingnya, hingga balai kesenian yang biasanya dipakai untuk berlatih tari atau acara tertentu.

7 Rekomendasi Wisata Blitar Dekat Stasiun, Cocok Buat Healing Sejenak

Kota Blitar merupakan salah satu kota yang memiliki wilayah terkecil nomer dua di Jawa Timur setelah Mojokerto. Namun, ada berbagai tempat wisata Blitar dekat stasiun yang dapat dikunjungi hanya dengan jalan kaki, bahkan ojek online. Tak hanya wisata sejarah, tapi kamu juga dapat memilih wisata religi atau ruang terbuka hijau atau taman. Jadi, tertarik buat berkunjung ke Blitar nggak nih? *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *