Tips Agar Puasa Tidak Ngantuk dan Lemas, Perhatikan Asupan Nutrisi!

Puasa sudah memasuki pertengahan bulan, sudah ada cerita apa, nih, soal bulan Ramadan tahun ini. Kalau aku beberapa hari kemarin entah kenapa merasa lemas, padahal sahur, meskipun karbohidrat dari nasi kuganti dengan kentang. Eh, ternyata aku diberitahu seorang teman tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi.

Pernah merasakan juga nggak, kalau lemas saat puasa itu bawaannya pengen tidur dan rebahan aja. Ya karena tak memiliki cukup energi, akhirnya yang dirasakan ngantuk sampai jam-jam mendekati berbuka. Padahal ada beberapa cara agar kita kuat menjalani hari-hari berpuasa dengan menjaga kesehatan, tak hanya nutrisi, tetapi pola makan, air putih dan istirahat yang cukup, serta olahraga ringan.

Apalagi aku masih menjalani sebagai busui yang harus memperhatikan soal asupan gizi yang masuk saat berbuka dan sahur, terutama soal menu sahur yang praktis dan bergizi tentu harus kupertimbangkan. Dan berikut ini beberapa tips agar puasa tidak dan lemas sehingga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan berenergi.

Enam Tips Agar Puasa Tidak Ngantuk dan Lemas

Hal paling berat dari puasa itu bagiku sebenarnya saat tubuh lemas dan bawaannya ngantuk karena tak ada energi untuk melakukan aktvitas. Apalagi kalau kelupaan sahur, rasanya nggak pengen melakukan apa saja selain rebahan. Eits, makanya itu berikut ini tips agar puasa tidak ngantuk dan lemas agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari:

  • Minum air putih yang cukup saat berbuka maupun sahur

Saat puasa, hal terpenting yang tak boleh kulewatkan saat sahur adalah minum air putih sebanyak-banyaknya, untuk menghindari resko dehidrasi. Karena kalau sudah dehidrasi, pasti pengennya rebahan mulu karena bisa menyebabkan lemas dan ngantuk.

  • Makan sahur dengan nutrisi yang seimbang.

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur juga jadi salah satu cara agar puasa menjadi lebih berenergi dan tidak gampang lemas. Beberapa nutrisi yang perlu dipertimbangkan seperti memilih karbohidrat kompleks seperti kentang, jagung, nasi merah, memperbanyak lauk dan serat dari sayur dan buah, serta menghindari minuman kafein seperti teh dan kopi.

  • Menjaga aktivitas fisik

Saat berpuasa biasanya kita memilih rebahan dan tiduran saja daripada harus memilih berolahraga, padahal menjaga aktivitas fisik di sini bisa dilakukan dengan olahraga, loh, jadi bikin tubuh tetap sehat. Aktivitas fisik olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa seperti jalan kaki, jalan di tempat, senam tipis-tipis, dan lain-lain. Sebaiknya waktu olahraga dilakukan 30 menit sebelum berbuka, setelah tarawih atau setelah makan sahur, ya.

  • Istirahat yang cukup

Tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk salah satunya dengan mengatur pola tidur yang cukup agar tubuh dapat beristirahat. Sebaiknya jangan tidur seharian ya, meski berpuasa kita juga harus beraktivitas seperti biasa untuk menghindari bermalas-malasan.

Oh ya, dengan pola tidur berantakan ternyata juga bisa membuat seseorang mudah mengantuk dan merasa lemas saat berpuasa, loh. Jadi, cobalah untuk mengatur jam tidur agar puasa ramadan tetap lancar hingga akhir bulan.

  • Menghindari makanan berlemak dan memilih makanan realfood

Makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa salah satunya gorengan karena mengandung lemak yang tinggi, meningkatkan risiko kolesterol, dan sulit dicerna. Berbuka puasa sebaiknya memilih makanan lembut yang mudah dicerna atau makanan realfood dengan gizi seimbang sehingga tidak akan menganggu puasa karena masalah pencernaan.  

  • Menjaga kesehatan tubuh

Salah satu tips terpenting agar puasa tidak ngantuk dan lemas diantaranya dengan menjaga kesehatan tubuh, seperti mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang, berolahraga ringan untuk membuat tubuh fit,, serta kebiasaan baik menjaga pola makan dan pola tidur.

Cara Agar Tidak Mengantuk saat Berpuasa Ramadan

Ada beberapa cara untuk mengatasi agar tidak mengantuk saat berpuasa di bulan Ramadan, diantaranya beristirahat dengan tidur sebentar agar energi bisa kembali dan meredakan rasa kantuk.

Selain itu, berjalan-jalan di ruang terbuka juga jadi salah satu cara untuk mengusir rasa kantuk itu pergi karena bisa meningkatkan sirkulasi darah. Tak lupa diskusi atau berbicara dengan orang lain juga bisa meningkatkan mood dan energi agar tubuh merasa lebih bugar.

Jika kantuk masih menyerang, cobalah lakukan aktivitas ringan agar tidak lemas dan kembali tidur seperti dengan baca buku atau mendengarkan musik. Setidaknya dengan aktivitas ringan, otak kembali segar dan siap untuk diajak beraktivitas kembali. Kalau kamu, tips biar puasa tidak ngantuk dan lemas apa aja, nih?

Kesimpulan

Bulan Ramadan tinggal separuh perjalanan, sebaiknya kita memang harus tetap menjaga stamina agar bisa berpuasa hingga puasa terakhir bulan Ramadan. Banyak hal yang harus tetap dijaga, termasuk tips agar puasa tidak ngantuk dan lemas jadi salah satu cara agar kita bisa melakukan hal-hal positif dan tetap produktif di Bulan Ramadan. ***

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *