Blitar Jadoel 2024: Ini Agenda dan Cerita Tahun Lalu

Cerita pengalaman ke Blitar Jadoel tahun lalu, lengkap agenda BTD 2024

Blitar Jadoel 2024 akan dilaksanakan sebentar lagi, tepatnya besok tanggal 7 hingga 9 Juni 2024. Aku tak sabar untuk menikmati berbagai pameran, bazar, dan mencari jajanan jadulnya. Blitar Jadoel atau biasa disebut BTD (Blitar Tempoe Doeloe) 2024 ini berada di lokasi yang sama seperti tahun-taun sebelumnya yaitu Alun-Alun Kota Blitar.

Blitar Jadoel ini diselenggarakan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari jadi Kota Blita. Pertama kali digelar pada tahun 2011, membuat masyarakat selalu tak sabar menantikan event ini digelar. Oh ya, dilansir dari TravellersBlitar.com, Blitar Jadul ini dulunya diselenggarakan di sepanjang jalan merdeka, loh.

Wah, seingatku aku masih tiga kali ikut menyaksikan kemeriahan event ini. Sepertinya sekitar tahun 2016, 2022, dan 2023. Dan tahun ini aku juga sudah tak sabar apa aja yang berbeda dari event Blitar Jadoel yang diselenggarakan setiap setahun sekali ini.

Table of Contents

Ada Apa Saja di Blitar Jadoel 2024?

Blitar Jadoel 2024 mulai dilaksanakan pada hari Jumat esok hari, tanggal 7 Juni. Biasanya dulu tiap bulan April, tapi beberapa tahun ini diperingati bertepatan dengan Bulan Bung Karno yaitu Juni. BTD ini semacam pameran atau bazar yang memiliki konsep jaman dulu. Mulai dari pernak-perniknya, jajanan, pakaian peserta maupun pengunjung, aneka permainan, hingga stand peserta bazar.

Pada hari sebelumnya, sudah dilaksanakan berbagai macam acara dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno dan Hari Jadi Kota Blitar, mulai dari Bedhol Pusaka, Festival Lentera, Tirakatan, Upacara Budaya dan Grebek Pancasila, Kirab Gunungan Lima, hingga Pagelaran Wayang Kulit. Dan pada tanggal 7-11 Juni jadi puncak acara sekaligus Bazar Blitar Jadoel 2024.

Banyak yang menantikan event ini, termasuk dengan kemeriahan yang bakal dihadirkan karena ada berbagai pertunjukan, mulai dari kesenian jaman dulu seperti jaranan, hingga konser musik ambyar yang selalu ditunggu anak muda galau.

Meskipun tak sabar menunggu untuk melihat pameran besok, aku berharap ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, terutama soal teknis, Ah, jadi teringat tahun lalu melihat bazar jadul kayak seperti trauma. Dan ini ceritaku melihat Blitar Jadoel pada tahun lalu.

Cerita Blitar Jadoel Tahun Lalu

Sebentar lagi bakalan diselenggarakan BTD, jadi flashback cerita tahun lalu. Ada seneng, jengkel, dan kecewa juga. Semua berbaur menjadi satu dan bikin kenangan yang tak terlupakan. Mulai dari tukang parkir yang meresahkan, sampai seneng dapat duit tambahan jajan karena pakai pakaian jadulan.

Tukang Parkir yang Meresahkan

Suasana parkir di BTD tahun lalu

Kalau soal parkir, jangan ditanya siapa saja yang pernah ke event ini pasti juga resah. Tahun lalu aku dua kali datang, pertama parkir di area Masjid Agung karena sekalian sholat asyar. Kedua, aku sengaja parkir di depan alun-alun karena datangnya sore.

Wah, jangan ditanya gimana tukang parkir yang mau duitnya aja, tapi pas disuruh ngeluarin motor malah pura-pura nggak lihat. Makanya ada yang bilang Blitar jadi Kota Parkir Liar, sih. Padahal loh ada himbauan dari Dinas Perhubungan saat Blitar Jadoel soal biaya parkir 3 ribu untuk motor, nah, tetep aja ditarik 5 ribu alasannya yang 2 ribu untuk helm.

Sepertinya pemerintah kurang tegas terhadap parkir liar kek gini, meskipun ada kayak tempat pengaduan untuk parkir liar, nyatanya ya tetep aja, gais. Sampai pernah bikin cerita soal parkir di BTD dan direpost Info Blitar. Eh, ternyata banyak mengalami kejengkelan yang sama.  

Jangan Lupa Datang Lebih Awal

Kalau dua tahun sebelumnya aku pernah datang pada jam menjelang maghrib, Masya Allah, jangan tanya gimana ramainya. Sampai nggak bisa gerak, saling dempet sana-sini, jadinya nggak bisa menikmati suasana apalagi bazarnya. Belum juga foto, eh udah datang dan bersliweran aja orang-orang.

Akhirnya tahun selanjutnya, aku datang lebih awal. Sekitar jam 2 mulai berangkat dari rumah, kebetulan sudah mulai banyak stand yang buka. Kalau berangkat lebih awal enaknya kita bisa milih jajanan jadul yang disukai, bisa nyobain permainan masa kecil, sampai nonton pertunjukan seni. Ya meskipun harus nahan panas matahari.

Jadi, buat kamu yang ingin menikmati Blitar Jadoel dengan lebih tenang, datang aja lebih awal sekitar jam 2 gitu. Nggak Cuma bisa sekalian bikin konten, atau bahan upload di medsos, tetapi juga dapat kepuasaan bisa menikmati setiap pameran yang disuguhkan tiap stand.

Zonk Saat Membeli Makan di Area Pasar Malam

Minuman di Blitar Jadoel, hati-hati pilih makanan

Ceritanya tahun lalu aku ngidam pengen banget makan seafood, eh kebetulan ada BTD, jadi pengen sekalian beli. Ada banyak pilihan, tergantung ada uangnya atau tidak. Hehe. Akhirnya aku coba beli cumi  apa gitu, lupa. Harganya sekitar 25 ribuan. Seneng dong. Trus dimakan di area kafe depan panggung.

Eh, cuman nyicip dikit, ternyata rasanya malah justru bikin muntah. Entah ini cara masaknya nggak bener, atau akunya yang emang nggak cocoks, sih. Belinya di sekitar tempat pasar malam, area timur yang bukan stand. Setelah itu karena menurutku nggak layak, ya dibawa pulang, entah nanti dibumbui lagi atau diapakan.

Trus pengen minum es jeruk peras, beli lagi di depan area bunderan pohon yang ada di alun-alun itu. Masih diluar area stand ya. Kayaknya harganya 10 ribu, tapi rasanya cuman air es. Mana kayaknya emang ketipu, karena penjual aslinya nggak ada, trus digantiin sama temennya.

Setelah kejadian itu, akhirnya tahun selanjutnya nggak pernah lagi beli makanan di bagian pasar malam. Mending di area stand dinas atau UMKM aja yang rasanya jelas, nggak ngalor ngidul. Atau langsung ke stand kafe yang berada di tengah. Aku biasanya langsung datangin stand kafe Buku Buka dan Honocoroko Pea buat nyari varian the dan nasi bakar.

Dapat Cuan Berkat Pakai Baju Jadul

Cerita ini bagian senengnya karena nggak Cuma ngabisin uang beli jajajan, tetapi juga dapat gantinya, dong. Ceritanya aku pengen pake baju jadul, semangat banget buat pinjem ibuk baju jadul, mulai dari kain jarik, sampai kebaya.

Nah, kebetulan aku udah punya target stand mana aja yang ngasih doorprize buat pengunjung yang pakai baju jadul. Salah satunya Radar Blitar. Poto di booth, lalu upload di Instagram. Dan seminggu kemudian, alhamdulillah jadi juara 1 dapat 100 ribu, kan lumayan biar bisa beli jajan lagi. Hehe.

Nggak cuman satu stand saja, sih. Beberapa stand Dinas atau bank gitu juga ada doorprize, aku juga kebetulan dapat tasbih digital dari Bank BSI. Lumayan, kan. Ternyata nih ya, banyak juga loh dari pengunjung yang pakai baju kebaya sama jarik gitu, seru buat poto, dan kesempatan pakai baju jadul, kalau nggak ada acara kayak gini, kapan lagi coba bisa ngerasain pakai kebaya. Haha.

Kesimpulan

Sudah siapkah kamu dengan keseruan pameran Blitar Jadoel 2024? Atau kamu sudah punya rencana bakal pakai kebaya dan jarik yang mana aja, keren, loh, kalau foto pakai baju jadul trus banyak booth dan stand jadul yang menyediakan tempat spot foto jadul dan gratis. Oh ya, aku bakal cerita pengalamanku ke Blitar Jadoel tahun ini, ya. Jangan lupa tungguin. ***

27 Comments

  1. Acara tahunan yang dinanti-nantikan ini akan membawa kita dalam perjalanan nostalgia ke era lampau, di mana kita dapat merasakan atmosfer tempo dulu yang penuh pesona.
    Ini jadi hal yang menarik dan bisa jadi agenda yang jangan sampai terlewatkan, pasti seru banget karena banyak makanan jadul juga ya

  2. Wah, nama eventnya kok unik, Blitar Jadoel. Apakah harus pakai asesoris jadul kah? Biar menjiwai…
    Emang sih kalau beli makanan di pasar malam atau tempat wisata suka zonk sih. Akhirnya beli yg ada brand-nya atau franchise sekalian.

  3. serunya acara ya.
    daku terakhir ke Blitar tahun 2014 hihi karena pas nikahan temen kerja. jadi pengen ke sana lagi sembari menikmati acara Blitar Jadoel ini pankapan

  4. Wah, seru sekali ya Blitar Jadoel. Bisa bernostalgia ke jaman dulu ya? Sayang ya, kalo ada tukang parkir yang mungut lebih mahal dari yang ditetapkan. Udah gitu pas mau keluar, orangnya ngilang. Bikin acaranya jadi nggak asyik

  5. Setiap kali ada event dengan embel-embel “Jadoel” pasti deh banyak menarik minat. Bisa jadi pada kangen dengan masa lalu. Bisa juga karena penasaran seperti apa sih jadoel itu. Sukses untuk Blitar Jadoel 2024!

  6. wah Pasti seru nih. apalagi acara tahunan dan diadakan di alun-alun. banyak cerita yang akan tersajikan. kalau saya, pasti akan mencari jajanan jadul khas Blitar. malah kadang akan ada kuliner-kuliner yang Hanya akan disajikan di acara-acara tertentu.

  7. Paling saluuuut sama niat pakai baju jadulnya itu lho. Sampai udah ngumpulin info booth mana aja yang bakal kasih doorprize.

    Kalau soal tukang parkir bikin kesel dan makanan yang rasanya enggak banget, di event seperti itu pasti aja ada. Aji mumpung mereka sih.

  8. Soal tukang parkir ternyata sama saja ya, ga di mana-mana, tetap saja meresahkan. Di Sukabumi juga demikian, banyak warga sekarang yang menyebut Sukabumi sebagai kota tukang parkir, karena di mana-mana selalu aja nongol. Tapi kalau kaya di Sukabumi sih masih mending karena tarifnya cuma Rp2000, ga sampai Rp5000

  9. Event begini tuh emang paling ditunggu adalah kulinerannya. Apalagi kalau ada kulineran khas daerah yang jadul. Aku pasti nggak bakal melewatkannya.

  10. wah asyik banget ini. kayaknya biar bisa menikmati semuanya enggak cukup seharian ya. bisa jalan-jalan, menikmati masa lalu jangan lupa kulineran juga

  11. Emang masalah parkir di event kayak gitu sering bikin kesel ya. Apalagi kalau udah bayar mahal tapi pas butuh bantuan tukang parkirnya malah ngilang. Pemerintah mesti lebih tegas lagi nih ngurusin parkir liar, biar pengunjung nggak kapok datang ke event-event kayak Blitar Jadoel. Semoga keluhan-keluhan kita bisa didengar dan ditindaklanjuti biar nggak ada lagi drama parkir tiap tahun.

  12. Selalu suka kalau ada acara kayak gini. Blitar Jadoel ini bisa jadi ajang promosi wisata, peningkatan UMKM dan lainnya. Dan ya, di mana-mana selalu ada tukang parkir yang meresahkan.

    Kalau datang ke event seperti ini kudu awal datangnya, biar jajanan dan lainnya masih kebagian.

  13. Baru aja aku diajak nonton BTD ini ama tetangga yg asli perempatan mantenan. Emg agak jauh ya dari Kota. Tapi ya pgn aja.

    Sayang minggu ini aku lagi sibuk kerjaan. Jd ga bs ikutan nonton deh. Padahal ya pgn jg kulineran khas Blitar. Atau melihat seseruan kirab hingga selametan serta acara seru lainnya.

    Smg tahun depan bs diselenggarakan lg ya. Dan bs digelar lebih lama. Haha.

  14. Semoga ke depan, segala kekurangannya lebih diperhatikan dan diperbaiki oleh penyelenggara. Karena, Blitar ini kota kelahiran Bapakku. Dan Bude dan Paklek ada di sana. Kalau main, semoga bisa berbarengan dengan pelaksanaan BTD ini.

  15. keren banget sih ada event reguler seperti Blitar Jadoel, bikin makin cinta sama kota sendiri meski dengan banyak drama mulai dari tukang parkir dan makanan yang “menipu” itu. ga aneh sih ya, di setiap event yang kek begini pasti aja ada. emang beneran beli yang pasti pasti aja sih, hehe

  16. Event yang seru nih sepertinya. Dan ya, seringnya ya yang jadi masalah kalau pas datang ke event begini adalah tukang parkir yang ngeselin. Mana motor kita juga sering parkirnya mepet-mepet sampe beset-beset. Duh

  17. nah aku juga pengen banget ikutan event yang nuansa jadul seperti ini. biasanya banyak kuliner yang sudah langka muncul di event² seperti ini

  18. Waaaah ternyata blitar jadoel ini acara yang digelar setiap tahun dan sudah ada sejak tahun 2011 ya kak. lokasi acarany di alun-alun Kota Blitar. selain bazar ternyata ada kayak kirab juga sama wayangnya. Aku penasaran banget pengen liat kirabnya

  19. Waaaah ternyata blitar jadoel ini acara yang digelar setiap tahun dan sudah ada sejak tahun 2011 ya kak. lokasi acarany di alun-alun Kota Blitar. selain bazar ternyata ada kayak kirab juga sama wayangnya. Aku penasaran banget pengen liat kirab di acara Blitar Jadoel 2024

  20. Selamaatt ka Anisa.
    Memang kudu effort yaa.. supaya bisa menangin hadiah pertama.
    Idenya mahal banget serta kekreatifitasan mix and match seluruh ootd buat dateng ke Blitar Jadoel 2024.

  21. acara jadoel kayak gini memang menginspirasi dan selalu keren. kalau di Blitar ada Blitar jadul. di Malang juga ada mbak. Malang tempo doeloe namanya. serba jadul juga. berasa balik ke jaman dulu kala

  22. Oh, ternyata blitar jadoel ini acara yang digelar setiap tahun dan sudah ada sejak tahun 2011, ya. Selain bazar ternyata ada kayak kirab juga sama wayangnya. Seru pastinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *