Pakai Aplikasi Jagat, Bisa Lacak Lokasi Hingga Gabung Komunitas Sesuai Hobi

”Kasih tips, dong, biar kuat mental menjalani LDR,” tanya teman yang baru saja menikah namun harus LDR dengan suaminya. Mungkin ia berpikir dulu setelah menikah aku pernah menjalani LDR, jadi tahu tips agar tak gelisah ketika terpisah jarak yang jauh. Padahal sebenarnya zaman serba digital ini sudah ada aplikasi lacak lokasi real time yang membantu pasangan LDR, yaitu aplikasi Jagat.

Saat itu aku hanya membalasnya dengan senyuman tipis, pertanda kalau sebenarnya aku juga tak kuat disuruh hubungan jarak jauh sama suami, “La aku aja nggak bisa, malah tak suruh pulang pas usia pernikahan masih setengah tahun, wkwkw,” balasku sambil tertawa disambut raut wajahnya yang manyun karena tak mendapatkan info apapun.

Kalau teringat masa LDM (Long Distance Marriage) atau LDR sekitar tahun 2020, lima hari setelah menikah mas harus segera berangkat ke Bandung karena cuti kerja sudah habis. Awalnya biasa saja, tapi kekhawatiran dan rasa cemburu terkadang datang tiba-tiba. Terlebih jarak yang jauh jadi bikin was-was dia pergi ke mana aja selain bekerja ke kantor.

Ah, andai saja dulu sudah ada Aplikasi Jagat yang bisa mengetahui lokasi seseorang, tentu bakalan tak perlu ada lagi kerisauan mas ke mana aja tiap harinya. Aplikasi ini nyatanya tak hanya membantu pasangan LDR, tetapi juga dapat memantau teman yang sukanya bilang OTW nyatanya pas dilacak masih di rumah, atau ingin memiliki teman baru sesuai hobi, bisa ditemukan dengan unduh aplikasi ini.

Kenalan Aplikasi Jagat, Biar Hubungan Jarak Jauh Makin Erat

Sebenarnya cara merawat hubungan jarak jauh kuncinya mudah, yaitu saling berkomunikasi, agar tidak menimbulkan rasa curiga atau prasangka.  Nah, buat pejuang LDR atau LDM yang sedang dilanda kegalauan dengan keberadaan pasangan di tanah rantau, kini ada aplikasi memantau lokasi yang membuat merasa lebih dekat dengan yang dicintai. Aplikasi Jagat namanya.

Jagat merupakan aplikasi berbagi lokasi yang memiliki fitur lengkap. Meskipun fungsi utamanya mengetahui lokasi keluarga, teman, atau kekasih jarak jauh secara real time. Namun kita bisa memiliki teman baru yang sesuai hobi dan minat dengan fitur Planet. Aplikasi ini sebelumnya bernama Zenly, yang telah diluncurkan oleh PT Avatara Jagat Nusantara sejak bulan Maret 2022.

Aplikasi Jagat memiliki beberapa manfaat lain yang tak hanya berbagi lokasi, manfaat tersebut diantaranya: dapat teman baru yang memiliki minat sama seperti cat lovers, foodies; bisa reuni sesama teman alumni kampus dengan membuat pertemuan atau acara; menghilangkan kejenuhan karena ada fitur update story, hingga mengembangkan kreativitas dari tiap fiturnya.

Tampilan Kekinian, Mirip Media Sosial yang Bisa Lacak Lokasi Real Time

Memiliki tampilan desain yang eye catching dan kekinian membuat Aplikasi Jagat cocok diunduh dan dipakai untuk semua kalangan terutama Gen Z. Tata letak fiturnya juga mudah ditemukan dan dikenali yang terletak di sisi kanan atas dan sisi layar bagian bawah. Fitur yang ada di Jagat, diantaranya pengaturan, profil, share lokasi, hingga berbagi story layaknya di media sosial.

Lokasi yang terdapat pada peta Aplikasi Jagat juga sangat rinci dan akurat, sehingga nama tempat baik daerah, lokasi wisata, toko, atau tempat tertentu bakalan terlihat jelas. Aplikasi ini juga memiliki logo yang cukup unik dengan sebuah gelas minuman kekinian dengan sedotan panjang. Apalagi saat pertama kali mengunduh dari Playstore, bakal ada tampilan planet bumi yang terus berputar dengan disertai tulisan JAGAT – Your World, seolah menunjukkan lokasi keseluruhan di bumi bisa dilacak melalui aplikasi ini.

Aplikasi Jagat Punya Fitur Lengkap, Mulai Lacak Lokasi, hingga Update Story

  1.       Location Sharing

Location sharing menjadi fitur utama dalam aplikasi Jagat yang fungsinya melacak lokasi secara real time. Buat pejuang LDR, fitur ini sangat membantu karena bisa dipastikan pasangan sedang pergi kemana aja, aman atau nggak,  tapi sebelumnya harus dipastikan dulu sudah saling terhubung atau izin akses lokasi ke aplikasi, ya.

Tak hanya buat pasangan, buat teman mau janjian nongkrong yang katanya OTW (On The Way) tapi nyatanya masih berdiam di satu tempat yakni di rumah, juga bisa dipantau pada fitur ini. Selain itu juga dapat menampilkan persentase baterai hp juga, loh. Nah semakin canggih aja, ya.

  1.       Planet

Fitur lain yang bikin seru dari aplikasi ini adalah Jagat Planet yang fungsinya mengumpulkan serta menghubungkan orang-orang yang memiliki kegemaran tertentu, ditandai dengan hastag. Misalnya tentang kuliner #foodies, #gym, atau #cat lovers.

Nah, karena aku suka kuliner jadi join hastag foodies yang ternyata bisa melihat berbagai makanan atau lokasi tempat makan yang diunggah pengguna lain.Cocok nih buat referensi jika suatu hari nanti ke luar kota. 

Buat pecinta kucing, jangan lupa join hastag #catlovers biar kamu bisa mencari teman baru yang memiliki minat yang sama, yaitu pecinta kucing. Kalau bahasanya sekarang jadi punya teman satu circle, jadi ngobrolin soal anabul bakalan nyambung. 

Oh ya, fitur ini letaknya berada pada sebelah kanan dengan lambang bola planet. Cukup hanya dengan satu klik, maka berbagai planet yang tersedia akan muncul dengan sendirinya. Tak hanya kegemaran saja, loh. Di fitur ini kamu bisa bertemu teman kuliah di masa lalu, reunian gitu tapi harus konfirmasi identitas alumni, ya. Jadi kalian bisa cari komunitas yg sesuai minat dan mencari teman baru.

  1.       Now

Fitur yang kekinian dan bisa bikin story itu adalah fitur NOW yang fungsinya bisa berbagi kegiatan di lokasi tertentu. Fitur ini juga dapat menambah teman di aplikasi dengan membuka profil pengguna lain lalu kirim permintaan pertemanan.

Now jadi fitur favorit buat kalian yang selalu ingin membuat kenangan di beberapa tempat. Tak hanya lokasi yang bisa difoto, tetapi juga bisa makanan yang bikin pengguna lain jadi ingin mencoba. 

Fitur Now pernah digunakan untuk membantu menyelamatkan beberapa kucing dan anjing yang terlantar dengan memanfaatkan sharing lokasi dan tagar #catlovers #doglovers dalam sebuah aksi peduli anabul pada kompetisi ‘Planet: Kucing vs Anjing”.

  1.       Lifetime Footprint

Lifetime Footprint jadi fitur yang cocok untuk orang yang suka traveling karena bisa melihat beberapa   lokasi yang pernah didatangi sebelumnya. Fitur ini seperti rekam jejak lokasi yang pernah kita lakukan sebelumnya di mana saja.

Fitur Liifetime Footprint dapat memberi tahu lokasi yang pernah dikunjungi sebelumnya, sehingga dapat dengan mudah melacak serta mengingat lokasi yang pernah didatangi. Cocok untuk kamu yang sering lupa telah pergi kemana aja dalam beberapa hari. 

  1.       Bisa Kirim Pesan Melalui Foto, Video, hingga Emoji Bumb

Aplikasi Jagat juga mampu berkirim pesan secara live kepada pasangan meski dari jarak yang jauh. Nggak cuma dalam bentuk teks saja, bisa diganti pakai foto, video, atau ingin obrolan makin seru ada emoji bumb yang bisa dipilih stikernya sesuai perasaan.

Dengan opsi chat ini memudahkan bagi para pasangan yang terpisah jauh antara kampung halaman dan tanah rantauan jadi makin dekat. Caranya cukup buka aplikasi lalu pilih titik lokasi pasangan. Selanjutnya bakal ada pilihan chat, dan lain-lain.

Aplikasi Jagat, Rekomendasi Buat Kamu Pejuang LDR Meski Jauh Tetap Terasa Dekat

Aplikasi ini recommended buat kamu pejuang LDR yang lagi khawatir komitmen pasangan di tanah rantau, atau gampang curiga lagi apa dan sama siapa, karena dengan unduh aplikasi Jagat, komunikasi makin lancar, komitmen makin kuat, meski jauh bakalan berasa dekat. 

Saat mencoba aplikasi Jagat beberapa minggu ini, sisi tampilannya memang menarik dengan karakter warna yang anak muda. Pertama kali pakai Aplikasi Jagat, jujur beberapa ikon sempat bingung caranya gimana dan fungsinya. Namun tak butuh waktu lama buat mempelajari setiap fiturnya. Selain itu ada fitur yang menurutku perlu dikembangkan lagi mulai dari lifetime footprint yang hanya mendeteksi tempat yang dikunjungi lebih dari satu hari, padahal saat itu aku singgah di beberapa tempat.

Saat mencoba aplikasi Jagat beberapa minggu ini, sisi tampilannya memang menarik dengan ciri khas anak muda, namun pertama kali pakai jujur beberapa ikon sempat bingung caranya gimana dan fungsinya. Namun tak butuh waktu lama buat mempelajari setiap fiturnya. Selain itu ada fitur yang menurutku perlu dikembangkan lagi mulai dari lifetime footprint yang hanya mendeteksi tempat yang dikunjungi lebih dari satu hari, padahal saat itu aku singgah di beberapa tempat.

Terlepas dari pengalaman dan saran, aplikasi ini sangat membantu dan recommended untuk berbagi lokasi kepada teman, pasangan atau anggota keluarga. Bisa diunduh di playstore untuk pengguna Android (Klik di Sini), serta App Store untuk pengguna iOS (Klik Di Sini). Bisa cek dan kepoin dulu media sosial Jagat di Instagram: @Jagatapp_id, dan Tiktok : @Jagatapp_id. ***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *